Tingkatkan Daya Saing, 235 IKM dan UMKM Siap Ikuti Lelang

Ratusan peserta dari industri makanan dan minuman mendaftar dalam skema lelang gula krsital rafinasi yang akan bergulir pada Oktober 2017 mendatang.

Kepala Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Bachrul Chairi mengungkapkan saat ini telah terdaftar 235 peserta untuk mengikuti skema lelang gula kristal rafinasi (GKR).

Jumlah tersebut merupakan gabungan dari industri makanan dan minuman (mamin) besar, industri kecil dan menengah (IKM), koperasi serta usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Bachrul menjelaskan sejauh ini sosialisasi skema lelang GKR telah dilakukan di 12 provinsi antara lain Sumetera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta. Pihaknya menargetkan sosialisasi akan dilakukan ke 20 provinsi di tanah air hingga September 2017. Hasil sosialisasi mendapatkan respons yang baik dari industri kecil dan UMKM. Pasalnya, selama ini mereka kesulitan mendapatkan akses untuk memperoleh bahan baku GKR.

Dia berharap pasar lelang GKR dapat menjadi solusi bagi industri kecil agar mendapatkan kesempatan yang sama dengan industri mamim besar. Dengan demikian, daya saing industri mamin IKM dan UMKM meningkat. “IKM dan UMKM mendapatkan akses yang sama dengan industri mamin besar, sehingga IKM dan UMKM memiliki dayang saing lebih, baik dari segi kualitas dan produknya,” katanya. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir usaha umkm lelang