Pentingnya Buku Panduan Memulai Bisnis

Para pelaku usaha saat ini ditengarai belum memiliki pengetahuan teknis maupun manajemen administrasi yang maksimal. Tergerak kondisi ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan 9 buku Panduan Pendirian Usaha Bidang Ekonomi Kreatif.

Para pelaku usaha saat ini ditengarai belum memiliki pengetahuan teknis maupun manajemen administrasi yang maksimal. Tergerak kondisi ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan 9 buku Panduan Pendirian Usaha Bidang Ekonomi Kreatif.  Sembilan buku untuk calon wirausaha tersebut diantaranya di bidang usaha kriya batik, kriya keramik, kriya perak, fashion muslim, kuliner soto, game digital, studio animasi, studio musik, dan pengembangan aplikasi digital.

Terdapat sejumlah masalah yang dihadapi oleh pelaku usaha bidang ekonomi kreatif, diantaranya ekosistem tidak mendukung, akses permodalan, dan marketing. Saat ini pun, pelaku usaha juga  sangat membutuhkan ekosistem yang mendukung untuk kemajuan bisnisnya. 

Buku panduan ini dibuat selengkap dan sederhana mungkin. Mulai dari peluang usaha, permodalan, manajemen produksi dan SDM, keuangan dan pemasaran hingga legalitas dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), serta dikemas menjadi sebuah referensi yang mudah dimengerti dan diterapkan. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita bisnis ilmu buku usaha