Meski Menghadapi Beragam Tantangan, Tetap Optimis

Sebuah penelitian yang dilakukan QBE Insurance menyebutkan bahwa perusahaan Indonesia tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi krisis.

freepik

Sebuah penelitian yang dilakukan QBE Insurance menyebutkan bahwa perusahaan Indonesia tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi krisis. Meski demikian, dalam kajian itu disebutkan pula bahwa pemimpin perusahaan  memiliki pandangan positif terhadap lingkungan bisnis untuk 12 bulan ke depan (sepanjang tahun 2017). Dan Hampir setengah (46 persen) dari seluruh perusahaan mengharapkan kemajuan teknologi dan inovasi, dan 29 persen memperkirakan peningkatan investasi teknologi akan mempengaruhi bisnis mereka dalam 12 bulan ke depan.

Sementara itu, hampir sepertiganya (31 persen),  menjawab akan ada permintaan yang besar untuk layanan personal untuk produk dan jasa, terutama di bidang kesehatan, serta layanan bisnis dan jasa konsultan profesional. Sebagian besar responden menganggap perubahan ini sebagai sesuatu yang positif.

Laporan ini juga menemukan bahwa 29% perusahaan sedang mempersiapkan diri untuk persaingan yang ketat dari pendatang baru ke industri mereka, terutama industri manufaktur dan jasa keuangan.

Pada saat yang sama, sekitar sepertiga dari bisnis menyatakan ekspansi bisnis (39 persen), teknologi dan sistem (37 persen), perlindungan risiko dan bencana (35 persen) dan peraturan dan perundangan baru (33 persen) merupakan tantangan terbesar mereka saat ini. Tren pasar yakni investasi teknologi baru dan layanan publik, bakal semakin personal. Ajang kompetisi pun makin ketat,  tidak hanya menghadirkan peluang bagi perusahaan, namun juga membawa risiko baru. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita optimisme wanita karir tantangan