Membaca, Solusi Mencegah Kepikunan

Anda hobi membaca? Selamat, artinya anda telah melakukan upaya mencegah kepikunan.

Anda hobi membaca? Selamat, artinya anda telah melakukan upaya mencegah kepikunan. Tapi sayangnya tak semua orang hobi membaca, apalagi membaca buku.

Kebutuhan akan membaca buku masih  tersingkir oleh kebutuhan-kebutuhan lain.

Padahal, kegiatan membaca sesungguhnya memiliki banyak manfaat. Di antaranya, dengan membaca, otak bisa bekerja dengan maksimal. Informasi yang diperoleh dapat lebih lama disimpan dalam otak daripada mendengar atau melihat saja.

Dengan aktivitas membaca, seseorang dapat mengembangkan imajinasi dan daya pikirnya dari informasi yang diperolehnya. Akhirnya, kemampuan daya nalar dan kreativitas seseorang dapat terus berkembang dan memiliki kemampuan daya pikir jauh lebih cepat dibanding mereka yang tidak senang membaca.

Secara medis, sedikitnya ada lima manfaat membaca, yaitu:

1. Melatih otak

Satu keuntungan dari membaca adalah melatih otak dan pikiran. Membaca dapat membantu otak agar selalu melakukan fungsinya dengan sempurna. Saat membaca, otak diperlukan untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang lebih cerdas.

2. Menghilangkan stres

Stres berisiko menumbuhkan beberapa masalah berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku-buku fiksi sebelum tidur. Metode ini dianggap baik untuk mengatasi stres.

3. Menghindari risiko penyakit alzheimer

Membaca buku benar-benar dapat meningkatkan kekuatan jaringan otak secara langsung. Ketika membaca, otak akan mengalami rangsangan secara teratur. Kondisi ini dapat mencegah gangguan otak termasuk penyakit alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, dan sebagainya, dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut hasil penelitian, kegiatan ini merangsang sel-sel otak hingga dapat terhubung dan tumbuh secara baik.

4. Mengembangkan pola tidur sehat

Jika anda terbiasa untuk membaca buku sebelum tidur, maka hal itu berfungsi sebagai alarm untuk tubuh dan mengirimkan sinyal waktu tidur. Ini akan membantu anda tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

5. Meningkatkan konsentrasi

Orang-orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Orang yang hobi membaca akan memiliki  perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Hal ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia,. Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat.

Lebih lanjut lagi, orang yang hobi

membaca akan meningkat kemampuannya untuk menyerap konsep dan memahami apa yang tertulis di antara baris demi baris, memahami apa yang tersirat.

Riset-riset otak mutakhir telah menemukan manfaat membaca dalam menumbuhkan dendrit, salah satu komponen sel saraf otak atau neuron. Membaca kata-kata baru, dapat merangsang otak untuk lebih tanggap dalam berpikir.

Jadi, tak dapat dipungkiri bahwa buku merupakan sumber ilmu pengetahuan, sedangkan kegiatan membaca buku dapat mendatangkan banyak manfaat bagi diri kita. Dan yang jelas, dengan membaca buku,  kita terhindar dari kepikunan di usia dini. Nah mulai sekarang, budayakan kebiasaan membaca yuk! [Editor: Tri Meinarni]

peluang membaca