Lima Hal yang Harus Dihindari Bila Ingin Sukses

Jangan biarkan uang membuat usaha Anda gagal di awal. Karena mesin bisnis adalah inovasi yang dapat memberikan nilai tambah pada target pasar Anda.

freepik

Melangkah Karena Uang

Inilah salah satu alasan paling jelas mengapa kebanyakan pengusaha gagal. Jika motivasi utama Anda dalam bisnis adalah memperoleh kekayaan dari pada menciptakan dan memberi nilai tambah, maka motivasi itu memberi peluang pertama bagi kegagalan bisnis atau usaha Anda. Sebab motivasi uang, menjadi hambatan untuk berkarya dan berinovasi dalam menciptakan produk. Tanpa disadari, sesunguhnya, layanan inovatif inilah  yang akan memberi nilai tambah bagi targetpasar Anda.

Tujuan kewiraswastaan ​​bukanlah akumulasi uang tapi penciptaan produk / layanan bernilai tambah yang akan membantu menjadikan dunia tempat yang lebih baik untuk semua. Kekayaan adalah hasil dari sikap kita yang secara konsisten memberikan solusi terhadap masalah kemanusiaan.

Miliarder sesukses Bill Gates, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg juga memulai usahanya dengan penemuan inovatif  yang bertujuan membantu banyak orang, mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidup mereka. Dan lihatlah pahala yang mereka dapatkan. Berlimpah materi, namun juga menikmati hidupnya dengan bahagia.

 Pengetahuan Bisnis  Terbatas

Memutuskan untuk berjibaku di medan usaha, berarti siap meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi, agar roda usaha Anda tetap bergerak. Umumnya, orang mengira mesin bisnisnya adalah uang atau berharap pada rekanan. Padahal, Anda sendirilah sebenarnya mesin tersebut. Dengan kemampuan, pengalaman, dan inovasi yang dikembangkan, usaha Anda bakal berjalan dengan baik.

Jadi, untuk memiliki lebih banyak cara, Anda harus  terus belajar lebih banyak! Caranya, secara konsisten berfokus pada pengembangan pribadi dan pengembangan diri melalui membaca (buku, blog, majalah, dll.), menghadiri seminar, pelatihan pengembangan bisnis, mengikuti program pembinaan,  atau membangun jaringan.

Kurang  Fokus

Albert Einstein pernah berujar  "Jenius adalah kemampuan untuk fokus pada satu hal tertentu dalam waktu lama tanpa kehilangan konsentrasi."  Begitulah dengan seorang  wirausaha. Bila tengah mencoba usaha baru, apalagi masih pemula, tetaplah fokus pada tujuan Anda itu.Kesuksesan atau kegagalan adalah menjadi hasil dari seberapa baik Anda memaksimalkan kekuatan Anda.

Para pengusaha suskes umumnya melakukan apa yang mereka cintai dan mencintai apa yang mereka lakukan. Karena kewirausahaan ​​adalah tentang  bagaimana Anda mengoptimalkan upaya  untuk memberikan kontribusi positif demi keuntungan orang lain. Berhentilah melakukan apa yang orang lain bisa lakukandan mulai melakukan apa yang bisa Anda lakukan dengan sangat baik. Fokus pada area inti kekuatan Anda.

Takut pada Kegagalan

Kewirausahaan adalah tentang bagaimana mengoptimalkan semangat dan kreativitas Anda untuk melakukan sesuatu yang benar-benar Anda inginkan. Dan  Anda bersedia melakukan apa pun untuk mewujudkan gagasan itu menjadi kenyataan. Sikap percaya diri yang penuh inilah, yang mampu menangkal ketakutan terhadap bayangan kegagalan.

Pengusaha yang berada di jalan menuju kesuksesan adalah orang yang tidak akan pernah menyerah karena takut gagal, ditertawakan, kehilangan uang, dan sebagainya. Jangan biarkan kecemasan karena takutgagal menahan Anda. Justru sebaliknya, lakukanlah apa yang Anda takutkan, dan kekhawatiran itupun akan hilang karena keberanian Anda.

Kurang memahami peta bisnis

Segala sesuatu dimulai dari penglihatan dan pemahaman. Dengan melihat dan memahami, akan melahirkan banyak ide, lalu Anda akan menyaring peluang yang sedang berkembang dan layak untuk digarap. Pertanyaanyang seharusnya menjadi refleksi adalah, "Apa yang bisa kita mulai lakukanhari ini untuk memenuhi kebutuhan masa depan?"  kebanyakan pengusaha gagal dalam berbisnis lantaran tidak memiliki kesadaran ini.

Disamping itu, kebanyakan orang seringkali menyamakan arti memahami dengan mempelajari. Tentu saja, keduanya memiliki arti yang berbeda. Pada kenyatannya, hal yang paling sulit adalah memahami peta bisnis Anda. 

sukses tips peluang usaha astaga wanita