Lenovo Kembangkan Inovasi Pusat Data

Perusahaan perangkat teknologi asal China, Lenovo mengembangkan inovasi pusat data yang bisa dipakai semua skala bisnis. Langkah ini sejalan dengan agenda transformasi digital di dalam perusahaan.

Ada dua bentuk inovasi yang dikembangkan. Inovasi pertama dinamakan ThinkSystem dan di implementasikan pada perangkat keras di pusat data Lenovo. Inovasi kedua adalah Think Agile yang berwujud perangkat lunak pusat data Lenovo.

Inovasi Think System terdiri atas 14 server yang mudah di konfigurasi. Di dalam server tertanam prosesor Intel Xeon Scable. Selain itu, Lenovo juga menambahkan tujuh solusi baru yang mencakup sistem penyimpanan data berbasis komputasi awan (cloud), data berukuran raksasa (big data), dan teknologi analisis. Adapun Think Agile berbentuk perangkat lunak yang bisa mengoperasikan penyimpanan data di pusat data fisik dan komputasi awan secara bersamaan.

Sejatinya, inovasi Think System dan Think Agile juga bertujuan mengikuti arahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Dalam PP itu pusat data diwajibkan berada di Indonesia.

Saat ini diamati, konsumen cenderung menyukai model penyimpanan data berbentuk hybrid cloud. Pihak Lenovo pun menyediakan produk tersebut, dimana server fisik ataupun pengoperasian perangkat lunak penyimpanan data komputasi awan bisa dilakukan di Indonesia. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir peluang usaha