Kunci Sukses Enterpreneur

Selama ini banyak orang takut memulai usaha, hanya karena takut gagal atau karena tidak punya modal. Mulai sekarang, tak perlu takut dan ragu memulai usaha.

Karena ada lima poin yang bisa anda lakukan untuk menjadi pengusaha atau enterpreneur sejati.

Berikut lima langkah yang harus anda jalankan untuk menjadi seorang entrepreneur sukses:

1. Jaringan

Menjadi seorang pengusaha harus mempunyai relasi yang luas dan banyak. 

2. Persiapan mental

Banyak orang yang takut memulai usaha karena dalam pikirannya sudah tertanam perasaan takut gagal atau bingung memulai usaha. Karena itu anda harus memiliki mental yang kuat, dalam arti tidak mudah menyerah, tidak gampang down dan tekad yang kuat. Tanamkan dalam pikiran anda,bahwa anda harus berhasil. Jangan lupa untuk selalu fokus pada tujuan dan juga disiplin.

3. Modal

Modal merupakan salah satu faktor penting dalam memulai bisnis. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Padahal, untuk memulai usaha bisa dilakukan tanpa modal.

Modal terbagi menjadi tiga, modal sendiri, mencari modal dari investor atau bank, dan modal partnership. Modal sendiri dapat diraih dengan cara menabung, atau bisa juga memulai bisnis sendiri dengan tanpa modal seperi menjadi reseller (pengecer) sebuah produk.

Sedangkan untuk modal dari investor atau bank, dibutuhkan perencanaan bisnis yang baik. Serta modal ketiga adalah partnership, yaitu menggunakan aset yang sudah ada sebagai modal bekerja sama dengan orang lain. Misalnya memanfaatkan rumah untuk menjual barang yang dititipkan.

4. Marketing

Seorang pengusaha harus mengetahui kelebihan produknya dibanding dengan barang sejenis yang sudah ada.  Setelah itu, padukan dengan promosi yang menarik sehingga dapat menarik orang untuk membeli produk. Marketing juga dapat dipadukan dengan networking, sehingga menjadi komunikasi marketing yang terintegrasi.

Untuk menarik minat konsumen terapkan harga promosi, Misalnya 20 rang pembeli pertama dapat discount sekian persen. Atau bisa juga menawarkan produk ke orang-orang yang anda kenal.

Kehadiran media sosial bisa jadi strategi marketing tersendiri. Kehadiran media sosial dapat digunakan seorang entrepreneur untuk membangun komunitas. Komunitas dapat diarahkan untuk membuat acara yang terkait dengan produknya.

5. Jangan menunda

Keempat langkah tadi tidak akan jalan jika tidak dimulai sekarang. Maka ketika semua sudah siap, jangan menunda-nunda lagi. Mulailah dengan mengembangkan diri seperti mendatangi seminar-seminar enterpreneu untuk menambah motivasi.

Nah, tunggu apa lagi, mulailah melangkah dan raih kesuksesan di usia muda! (Editor: Tri Meinarni)

astaga wanita wanita karir wirausaha sukses pengusaha