Klinik Kecantikan, Bisnis yang Selalu Menjanjikan

Bisnis di bidang kecantikan sampai kini masih memiliki pasar yang menjanjikan. Karena sampai kapanpun wanita tetap membutuhkan perawatan kecantikan.

Jika anda jeli melihat peluang, usaha klinik kecantikan bisa dijadikan ladang bisnis yang menggiurkan. Bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, berikut cara membuat klinik kecantikan dan perawatan.

1. Memiliki Izin Resmi

Jika anda ingin membuka usaha, sebaiknya uruslah ijin usaha klinik kecantikan ( izin resmi dari depkes atau sejenisnya ) hal ini sangat penting karena akan mendukung pemasaran atau marketing anda. Beberapa salon kecantikan yang resmi memiliki ijin, cenderung lebih ramai pengunjung karena para pelanggan akan lebih yakin dengan pelayanan dan keamanan dari salon kecantikan anda.

Klinik kecantikan identik dengan aneka jenis perawatan. Seperti  perawatan tubuh dengan lulur dan spa. Perawatan wajah seperti facial, pemutihan wajah, pembersihan komedo. Perawatan rambut seperti creambath, gunting rambut, dan masker rambut.  

Aneka perawatan tersebut memerlukan  bahan perawatan, misalnya krim pemutih, dan aneka jenis bahan lainnya. Nah biasanya ijin usaha dan garansi keamanan produk akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon konsumen.

2. Memilih target pasar yang sesuai

Sebelum anda memutuskan untuk menjalankan usaha klinik kecantikan, ada baiknya anda menganalisis dan menetapkan segmen pasar yang akan anda tuju. JIka modal anda mencukupi, anda bisa langsung membuka usaha klinik kecantikan untuk segmen kelas atas yang biasanya lebih menguntungkan. Konsekuensinya anda harus menyediakan peralatan kecantikan modern untuk memuaskan pelanggan yang umumnya lebih perfeksionis dan mengutamakan kualitas. 

Tapi jika modal anda tidak begitu besar, anda bisa memulai dengan klinik kecantikan sederhana yang melayani perawatan wajah, rambut dan tubuh.

3. Menentukan Lokasi yang Tepat

Untuk bisa menyasar semua segmen, anda wajib memperhatikan tempat dan lokasi usaha. Usahakan agar berada di lingkungan yang strategis dan mudah dijangkau.

4. Peralatan dan Sarana

Dalam menjalankan bisnis kecantikan, ketersediaan peralatan dan sarana yang memadai adalah hal yang amat penting. Sebelum membeli peralatan, sebaiknya tentukan layanan apa saja yang akan diberikan pada konsumen. Karena keduanya akan saling berkaitan.

Sarana minimal yang disediakan di pusat klinik kecantikan diantaranya: Bed (tempat tidur), skin test (alat tes kesehatan kulit), steamer facial, dan lampu facial.

Membuka klinik sederhana dapat dimulai dengan modal minimal 10 juta rupiah, diluar perhitungan tanah dan bangunan. Sedangkan klinik yang berkonsep modern dengan peralatan canggih dan terbaru, maka membutuhkan investasi ratusan juta rupiah. Jumlah tersebut digunakan untuk menyediakan  ned, skin test, mesin infra merah untuk perawatan kulit, facial oxy spa, laser akupuntur, galvanic, alat mesotherapy, laser erbium fractiona, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk menggandeng dokter kulit dengan reputasi yang baik untuk menambah daya jual klinik anda. Tentunya ini akan menambah budget tersendiri, karena honor dokter kulit tidaklah kecil. Namun, jika anda memiliki teman atau kerabat yang berprofesi dokter kulit, mungkin bisa diajak kerjasama dengan pembayaran yang disepakati.

Nah jika anda telah memiliki persiapan itu semua, tunggu apa lagi? Mulailah jalani bisnis 'cantik' ini dan reguk keuntungannya..! [Editor: Tri  Meinarni]

astaga wanita klinik kecantikan wanita perawatan skincare peluang usaha