Kemampuan yang Harus Dimiliki Sang Owner

Tertantang membangun bisnis secara individu? Tidak hanya bermodalkan materi dan keyakinan. Hal-hal ini pun, harus untuk dimiliki untuk memenangkan persaingan di kancah usaha

Tertantang membangun bisnis secara individu? Tidak hanya bermodalkan materi dan keyakinan. Hal-hal ini pun, harus untuk dimiliki untuk memenangkan persaingan di kancah usaha

Energi untuk Bersinergi

Dunia bisnis memerlukan owner yang memiliki energi tinggi untuk bisa bersinergi dengamn siapapun. Sebab tantangan perusahaan saat ini bukan oleh pesaing saja, tapi teknologi dan perangkat aplikasi yang merubah struktur bisnis. Maka perusahaan dituntut untuk lebih adaptif, serta membuka wawasan untuk menerima hal-hal baru. Perusahaan tidak cukup memanfaatkan salah saru content teknologi saja, tapi juga harus melakukan kreativitas untuk mengoptimalkan context.

Program Promo Kreatif

Misalkan, kampanye branding di digital jangan hanya mengenalkan produk dan harga terbaru saja. tapi juga menciptakan context dengan menawarkan kreasi baru dengan membuat berbagai program promo kreatif, mensinergikan produknya dengan perusahaan lain, dan kegiatan yang atraktif lainnya. Sehingga konsumen antusias dan mau datang. perusahaan harus mampu mendramatisir produk, jasa dan program promonya sehingga memicu kerumunan konsumen. Selain itu, perusahaan juga jangan hanya mengandalkan digital dan online saja untuk mengkampanyekan produk dan jasanya. Sebab beberapa pelaku franchise justru mendapat banyak investor dari luar daerah melalui saluran media offline.Menjual produk memang berbeda dengan menjual franchise.

Informasi offline

Ketika membeli produk, calon konsumen yang tertarik biasanya cukup lewat komentar netizen. Tapi berbeda ketika membeli franchise yang melibatkan uang puluhan juta bahkan miliaran rupiah, orang butuh informasi offline yang mendalam dan detail. Apalagi orang kaya Indonesia kebanyakan masih diisi oleh segmen baby boomer yang tidak begitu gandrung dengan media online.

Saluran Komunikasi Marketing

Era digital, sangat meniscayakan media online buat berkomunikasi dengan kebutuhan apapun.  Karena 'golongan adaptif' adalah mereka yang pandai beradaptasi dengan berbagai media apapun. Manfaatkanlah berbagai saluran komunikasi marketing baik lewat online maupun offline. Sebab bagaimanapun Indonesia merupakan wilayah yang luas. Berbeda dengan Singapura yang pasar dan investasinya terbatas. (Editor: Maria L. Martens)

owner bisnis