Investasi Bagi Dunia Usaha

Investasi adalah penanaman modal jangka panjang di masa sekarang untuk mendapatkan keuntungan finansial di masa yang akan datang.

Investasi adalah penanaman modal jangka panjang di masa sekarang untuk mendapatkan keuntungan finansial di masa yang akan datang.

     Secara umum, investasi sebenarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu investasi pada aset nyata (aset riil) dan invetasi pada aset tidak nyata/tidak terlihat (aset keuangan) :

     1. Investasi pada aset riil (real assets), adalah tindakan investasi pada aset yang memiliki wujud atau nyata. Contohnya, investasi pada emas, logam mulia, mesin, modal kerja, dan properti. Seseorang yang membeli rumah untuk tempat tinggal pribadinya secara tidak langsung sudah melakukan investasi aset riil. Tipe investasi semacam ini sangat berguna untuk jangka waktu panjang karena nilainya cenderung meningkat.

     2. Investasi pada aset keuangan (financial assets), adalah tindakn investasi pada aset yang wujudnya tidak terlihat tapi tetap memiliki nilai yang tinggi. Umumnya, aset financial terdapat di dunia perbankan dan di pasar modal, di Indonesia dikenal dengan BEI (Bursa Efek Indonesia). Sementara itu, surat berharga (marketable securities) adalah bagian dari aktifa lancar (curret asset) karena bisa diubah menjadi cash dalam waktu kurang dari satu tahun atau memiliki tingkat likuiditas yang baik. Beberapa contoh aset finansial adalah instrumen pasar uang (money market), saham (stocks), obligasi (bonds), dan reksadana. Jenis investasi financial asset yang lainnya adalah pasar valuta asing (foreign exchange market) yakni pasar di mana transaksi valuta asing dilakukan baik antar negara maupun dalam suatu negara. Transaksi ini menggunakan kurs (nilai tukar) yang dapat berubah dari waktu ke waktu karena perubahan faktor ekonomi dan politik di suatu negara.

     Investasi bisnis adalah suatu kegiatan investasi yang dilakukan dengan syarat dan persetujuan  tertentu. Tidak mudah untuk melakukan investasi karena hampir semua investasi mengandung resiko kerugian. Hampir semua investor ingin melakukan investasi yang kecil resikonya sehingga tidak mudah untuk mencari investor yang mau melakukan investasi dengan resiko tinggi.

     Investasi di bisnis apa yang paling menarik dan sedikit resiko? Jawabannya ada pada diri Anda. Bisnis apapun berisiko. Investasi apapun memiliki risiko tersendiri yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi baik mikro maupun makro, politik, sosial, serta kebijakan pemerintah. Namun, jika dilihat dari produk dan proporsi nilainya, investasi properti memiliki risiko paling rendah. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita ivestasi usaha modal finansial