Industri Ritel Tetap Menggeliat

Hippindo menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Guna menjaga tingkat konsumsi masyarakat, Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Selain itu, diadakan pula Happy Birthday Indonesia Festival (HBDIF) di JI Expo Kemayoran pada 15-27 Agustus 2017.

Ketua Umum Hippindo Budihar¬djo Iduansjah mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memeriahkan HUT ke-72 RI. Selain itu, pengusana ritel ingin tingkat konsumsi masyarakat terus terjaga setiap bulannya. 

Dia menilai kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan itu akan berlangsung rutin setiap tahunnya. Acara belanja diskon itu juga diharapkan bisa menaikkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berharap kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia bisa menjadi kegiatan tahunan di seluruh daerah Indonesia. “Kita berharap ini bisa terus digalakkan promosinya ke mancanegara supaya Indonesia bisa jadi negara surga belanja.”

Hingga saat ini, menurut Enggar, penjualan ritel di berbagai pusat perbelanjaan masih tumbuh secara year-on-year (yoy). “Penjualan ritel naik, secara nilai pun meningkat. Ekspor kita pun semester 1 naik dan surplus. Tabungan masyarakat juga naik. Jadi, tidak benar daya beli melemah,” pungkas Enggar. (Editor: Maria L. Martens)

industri ritel usaha diskon