Edukasi Konservasi Energy Rintis Prestasi

Inilah sosok inspiratif kaum wanita yang sangat menyadari perannya sebagai Ibu, istri dan Wanita Indonesia yang berjuang di medan yang tidak biasa.

Mada Ayu Habsari, CEO PT. Enertec Enviromate Solusi dan Wakil Ketua Tetap Komisi Energi Bayu dan Surya KADIN

Latar keilmuannya adalah Sastra Inggris dengan fokus pada Public Relation. Namun jebolan Universitas Diponegoro Semarang - Jawa Tengah ini, lebih menekuni dunia konservasi energi dan  menjabat sebagai Chairman of PT. Arya Watala Capital dan  CEO PT. Enertec Enviromate Solusi.

Berbicara santai dengan Astagawanita.com, di sela-sela kesibukannya sebagai Wakil Ketua Tetap Komisi Energi Bayu dan Surya Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), wanita yang gemar melahap pengetahuan baru seputar konservasi energi ini, mengisahkan keuletannya bertarung di kancah bisnis yang umumnya ditangani kaum pria. 

Tahun 2000 hingga 2006, Mada mengawali karirnya di dunia perbankan. Ia pun tercatat sebagai front liner di Bank Mandiri,  pada bagian Sales and Marketing untuk perbankan prioritas di bawah Departemen Kekayaan dan Manajemen. Tertantang menekuni dunia konservasi, ia memutuskan merintis usaha dengan fokus yang sama.  

Kemudian dia memulai usaha sendiri pada tahun 2012, mendirikan PT. Sadean Energi Indonesia, penyedia layanan hemat energi yang fokus pada retrofit LED dan menciptakan Solar Home System (SEHEN) untuk pulau-pulau terpencil di Indonesia. Dia telah berhasil menumbuhkan perusahaan dengan klien utama seperti PLN, perusahaan energi nasional dan penyedia layanan seluler utama. "Waktu itu alasan ku merintis usaha mandiri, agar bisa membagi waktu dengan keluarga dan anak-anak," ungkapnya. 

Prestasinya pun, makin bersinar. Maka jadilah, Mada Ayu Habsari, demikian nama lengkap wanita ulet ini,  menjadi pendiri dan CEO PT. Enertec Enviromate Solusi, perusahaan yang fokus pada layanan energi, efisiensi energi dan energi terbarukan. Dia telah berhasil menumbuhkan perusahaan dengan klien utama seperti PLN, perusahaan energi nasional dan penyedia layanan seluler utama. Dia kemudian mendirikan PT. Enertec Enviromate Solusi pada tahun 2014 saat dia menjalankan visinya dalam energi terbarukan dan efisiensi energi. Pada 2015, Mada telah ditunjuk sebagai wakil untuk Kompartemen Energi Matahari dan Angin, Departemen Energi Terbarukan dan Lingkungan Hidup, Kamar Dagang Indonesia.

Enertec telah memulai sebagai Energy Services Company, dengan fokus pada bangunan yang ada dan fasilitas perkuatan fasilitas umum untuk solusi efisiensi energi. Enertec juga menyediakan solusi Energi Terbarukan untuk klien di Solar PV, Hydro Power and Biomass. Enertec mengembangkan hibrida Solar PV dengan produksi energi pembangkit tenaga diesel yang ada sebagai Independent Power Producers, memasok ke PLN, terutama di pulau terpencil di Bagian Timur Indonesia, di mana akses terhadap energi masih rendah. Enertec menyediakan energi yang andal, aman dan bersih tanpa dampak buruk terhadap lingkungan. Visi perusahaan adalah memberikan energi berkelanjutan bagi masyarakat dengan teknologi terkini dan mengurangi emisi CO2.

Kiprah wanita bisnis ini, tidak hanya di dunia usaha. Minatnya untuk memberikan edukasi tentang konservasi, sempat menghantarnya dipanggung internasional sebagai narasumber. Namun karena anaknya sakit, Mada pun memilih untuk mendampingi buah hati. "Sedapat mungkin aku berupaya menomorsatukan keluarga," ungkapnya lagi. Bulan November tanggal 6 - 17 mendatang,  ia pun bakal menjadi pembicara untuk isu yang sama mengenai pemeliharaan ekosistem dan lingkungan, di Bonn, Jerman. "Aku sering memberikan edukasi, bahwa kita harus menghemat energi sedini mungkin. Baik itu dengan komunitas-komunitas, forum NGO, maupun secara perorangan," tandasnya.

Kiprah mulia inilah, yang menghantarnya merintis prestasi melalui karinya di panggung konservasi energi.  Beberapa proyek penting yang pernah ditanganinya, diantaranya PLTS PLN Gorontalo 45 kWp(2013), PLTS PLN Kapuas 5 kWp(2014), PLTS Bank Indonesia 90 kWp, Jakarta (2015),  PLTS Kaimana, Papua Barat (2013) , PLTS Karimunting 75 kWp, Kalimantan Barat (2015) , PLTS Bumi Ratu, Lampung Barat (2013) , PLTS 350 kWp Daruba, Morotai, Maluku Utara (2015), PLTS 100 kWp Pembeliangan, Nunukan, Kalimantan Utara (2015) , PLTS 100 kWp Netemnanu, Kupang, Nusa Tenggara Timur (2015).

Keuletan, kerja keras, dan terus belajar, menjadi kunci suksesnya hingga tingkat Top Manajer. Ia pun berharap, kaum wanita mengutamakan prestasi dan kemandirian dalam perjuangan hidup. "Tugas utama adalah keluarga, tapi selalu memotivasi diri dan berupaya menjadi yang terbaik, itu juga penting," tandasnya.

Waktu telah menunjukan pukul 15.30. Saatnya wanita hebat ini melanjutkan karyanya di bidang lain. "Aku ada rapat di KADIN. Karena kami juga mempunyai peranan untuk menjembatani antara Pengusaha dan Pemerintah," ungkap Mada yang sempat merumuskan regulasi bersama lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ladies, inilah sosok inspiratif  kaum wanita yang sangat menyadari perannya sebagai Ibu, istri dan Wanita Indonesia yang berjuang di medan yang tidak biasa. Hikmah yang dituai pun, berguna bagi banyak orang. Yaitu, Edukasi Konservasi Energy Rintis Prestasi. (Editor: Maria L. Martens)

Edukasi energi Konservasi Energy Arya Watala Capital Enertec Enviromate Solusi KADIN Mada Ayu Habsari