Deka Amalia Ridwan, "Menulis Membuat Saya Lebih Hidup"

Nama Deka Amalia Ridwan tentu sudah tak asing lagi dalam dunia tulis menulis. Wanita yang telah menulis ratusan artikel populer dan ilmiah ini ternyata sudah jatuh cinta pada kegiatan menulis sejak muda belia.

Sejak remaja, wanita bernama asli Dewi Kurniawati ini sudah menggoreskan pena dalam bentuk puisi, cerpen, cerber dan artikel.

Selepas SMA, ia memutuskan kuliah di Fakultas Sastra Bahasa inggris. Di masa kuliah itu semakin bertambah kecintaannya pada bidang tulis menulis. "Lulus kuliah saya diminta mengajar dan mengabdikan diri sebagai Dosen Bahasa dan Sastra di beberapa perguruan tinggi", jelasnya.

Profesi sebagai dosen  itu dilakoni selama lebih dari 20 tahun. Namun meski sibuk dalam bidang pendidikan, ibu tiga putri ini tak pernah melupakan hasrat menulisnya, bahkan hasrat itu terus menggebu. Akhirnya karena hasrat yang begitu membara, ia memutuskan pensiun dini dan fokus ke dunia menulis di awal 2013.

Sebagai bukti kecintaan dan kepeduliannya pada bidang menulis ia pun mendirikan komunitas Women Script & Co bersama beberapa teman penulis.  Tak dinyana komunitas yang diketuainya berkembang hingga memiliki lebih dari 2000 member aktif. Setiap hari ada jadwal berbagi untuk anggota, tentang dunia tulis menulis yang bisa diikuti secara  gratis. 

Tak cukup sampai disitu, ia juga akhirnya mendirikan Deka Amalia Writng Center. "Semua program dikelola secara profesional, lengkap dengan sap silabus, modul dan latihan terukur serta trainer yang profesional di bidangnya", jelas Deka.

Semua program bisa diikuti secara online dan offline dengan biaya yang sangat terjangkau. Banyak alumni lulusan yang telah berhasil mengembangkan karir menulisnya. "Yang membedakan training center kami dengan yang lain yaitu di sini tidak hanya belajar tetapi juga memberikan kesempatan untuk produktif. Bonus dibantu promosi sosmed, media cetak, talk show radio dan lainnya", tambahnya.

Penulis yang belajar dan terbit bukunya, bisa mengikuti Pesta Buku sebagai media launching dan bedah buku bersama.

Program yang dikembangkan adalah Privat Mentoring buku solo hingga terbit, Regular offline dan online serta In House Training. Semua program tersebut telah diikuti oleh hampir 1000 peserta, di dalam negeri dan luar negeri. 

Program yang bisa diikuti, antara lain, pelatihan menulis cerpen, pelatihan menulis artikel, copy writing, pelatihan menulis novel, dan pelatihan editing.

" Saya sangat menikmati dunia saya saat ini dan sebagai istri dan ibu dari tiga putri. Kegiatan saya saat ini sangat membuat saya merasa lebih hidup.  Jika sehari saja tidak menulis, seperti ada yang kurang. Jadi menulis itu bagi saya seperti relaksasi atau self healing" , pungkas wanita kelahiran Bandung tahun 1966 ini.

Kedepannya ia berharap komunitasnya dapat terus bertumbuh dan menyebarluaskan minat baca kepada masyarakat. Hal ini juga telah ia upayakan dengan melatih sejumlah pelatih atau trainers untuk diterjukan ke sekolah-sekolah. Selain mengajarkan tulis-menulis, anak-anak di sekolah juga diajak untuk mengumpulkan karyanya dan menerbitkan buku di kalangan sekolah. Ia juga sangat berharap makin banyak masyarakat yang bergabung bersamanya dan menciptakan karya-karya literasi berkualitas.

Selain menuangkan pikiran melalui tulisan diatas buku, ia juga ternyata aktif menulis di blognya, www.dekamalia.com. Di sana ia aktif berbagi cerita dan kegiatannya bersama komunitas dan lembaga yang ia dirikan.

Di sela kegiatannya yang padat, wanita yang aktif sebagai pembicara, narasumber, dan trainer di bidang kepenulisan ini masih menyempatkan diri untuk menikmati 'me time' seperti ke salon untuk melakukan perawatan. "Kalau tubuh sudah lelah beristirahatlah, tidur yang cukup, makan bergizi, berolahraga dan jangan lupa tersenyum", ujarnya tentang resep sehatnya. [Tri]

astaga wanita Deka Amalia Ridwan usaha penulis karya puisi cerpen artikel