Chaterine Siegers, Endorser yang Bukan Seleb

Belakangan ini istilah endorser seakan menjadi fenomena di dunia bisnis, seiring berkembang pesatnya teknologi informasi dan sosial media.

Ya, tak dapat dipungkiri sosok endorser memegang peran cukup penting dalam teknik pemasaran produk. 

Sosok endorser dinilai cukup efektif karena sekaligus berperan sebagai bintang iklan untuk mendukung suatu produk. Dengan memakai endorser, suatu produk bisa lebih dikenal dan diharapkan meningkat penjualannya.

Lalu apa saja syarat menjadi endorser? Selama ini endorser memang banyak berasal dari kalangan selebriti. Sebut saja Ayu Ting-ting, Jessica Iskandar, Dian Sastro dan masih banyak lagi. Popular,  memiliki banyak fans, dan follower di sosial media, menjadi pertimbangan khusus kenapa selebriti banyak di dapuk sebagai endorser.

#Tidak harus selebriti

Namun, selebriti bukanlah syarat mutlak untuk menjadi endorser. Kini sudah banyak endorser yang bukan berasal dari kalangan selebriti. Salah satunya adalah wanita cantik indo Belanda, Chaterina Siegers.

Chaty, demikian dia disapa telah satu tahun ini menekuni kegiatan endorser. Selama ini chaty sudah mengendorse berbagai produk seperti kosmetik, produk fashion termasuk tas, busana, hijab, sepatu, dan produk makanan.

Menurutnya syarat menjadi endorser adalah berpenampilan menarik, ramah, supel, bisa membawa nama baik brand yang ditawarkan, dan bisa diajak kerjasama.

Perempuan kelahiran 7 Oktober  ini mengaku sangat menikmati profesi endorser yang digelutinya. Dan tentu saja banyak hal positif yang didapatkannya. "Selain mendapat endorse fee, endorser juga mendapatkan produk, komisi dari penjualan produk, dan pastinya mendapat banyak teman karena lebih dikenal," ungkap chaty sambil tersenyum manis.

Selanjutnya, wanita yang ramah ini mengatakan bahwa profesi endorser cukup menyenangkan, karena waktunya lebih fleksibel, tidak terikat jam kantor.

Selain harus berpenampilan menarik, seorang endorser juga harus rutin melakukan promosi atau posting yang menarik di akun sosial medianya. Semakin aktif akun sosial media seorang endorser, maka akan semakin banyak diikuti follower dan juga advertiser (pengiklan).

"Foto-foto yang ditampilkan juga harus menarik, keren, dan up to date", tambah chaty. Perempuan yang pernah bekerja di perusahaan telekomunikasi terkenal ini dikenal cukup aktif melakukan promosi di akun sosial media miliknya seperti facebook, instagram, dan path.

Selain aktif sebagai endorser, chaty juga menekuni bisnis pribadi dengan memproduksi hijab dan tas wanita. Jadi selain mengendorse produk pihak lain, chaty juga sekaligus mengendorse produk dari bisnis pribadinya.

"Apapun yang kita lakukan, kerjakan dengan tulus dan serius", pungkas perempuan yang memiliki motto hidup "Berusaha berbuat baik dan bermanfaat bagi orang lain". [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita seleb endorse chaterine siegers bisnis teknologi