Bijak Mengatur Keuangan

Bila gajian tiba, yang paling ingin dilakukan wanita, apalagi wanita lajang adalah berbelanja. Barang yang sering dibeli tentunya adalah pakain, gadget, sepatu, dan sebagainya. Kebablasan berbelanja, menyebabkan sebagian wanita lupa menabung untuk masa de

Bila gajian tiba, yang paling ingin dilakukan wanita, apalagi wanita lajang adalah berbelanja. Barang yang sering dibeli tentunya adalah pakain, gadget, sepatu, dan sebagainya. Kebablasan berbelanja, menyebabkan sebagian wanita lupa menabung untuk masa depan mereka. Ini beberapa saran keuangan yang bisa jadi panduan supaya bijak menghadapi kondisi keuangan Anda.

Menelusuri  pengeluaran

Alasan kesibukan kerja, membuat sebagian wanita tidak memiliki waktu untuk menelusuri pengeluaran keuangannya. Padahal sebenarnya ada cara mudahuntuk melacaknya, mintalah transkrip rekening koran pada bank tempat Anda menyimpan uang. Transkrip tersebut akan membantumu melacak uang yang keluardari rekening.

Dana Darurat

Selalu siapkanlah dana darurat untuk berjaga-jaga jika nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Di zaman tak menentu seperti ini bisa saja Anda dipecat dari pekerjaan dan baru mendapatkan pekerjaan lagi setelah beberapa bulan kemudian. Oleh karena itu siapkanlah dana darurat. Dana darurat ada baiknya jika disimpan dalam tempat yang aman dan dengan mudah mengaksesnya, seperti dalam rekening tabungan. Menyimpan dana darurat dengan memainkannya dipasar saham tidak disarankan, karena akan membuat jumlah dana tersebut menurun.

Hati-hati Hutang Kredit

Hal penting yang perlu dipelajari adalah, menghindari  terlibat utang kartu kredit.Sekarang ini banyak perempuan lajang terlibat utang kartu kredit. Permasalahan yang muncul adalah kartu kredit memiliki bunga besar sehingga akan menjadikan beban.Cobalah untuk mengetahui syarat-syarat dibalik kartu kredit, dan pastikan bahwa nominal kartu kredit sesuai dengan tabungan Anda sehingga nantinya tidak terjerat oleh utang.

Perlu asuransi jiwa

Banyak perempuan lajang atau belum mempunyai tanggungan anak merasa tidak perlu memiliki asuransi karena merasa tidak mempunyai tanggungan apapun.Padahal jika mereka meninggal dan tidak mempunyai asuransi, keluargalah yang akan kerepotan dan bertanggung jawab untuk melunasi hutang-hutang yang belum terlunasi.

 

Menabung

Menabung untuk masa pensiun adalah sebuah langkah bijaksana. Barangkali Anda berpikiran bahwa masa pensiun masih lama, sehingga menunda menabung untuk masa pensiun. Namun ada baiknya jika setiap perempuan mulai menyimpan setidaknya 10% dari pendapatan kotor setiap bulannya untuk tabungan. Keuntungannya akan didapatkan di usia tua nanti, mereka mempunyai uang tambahan yang banyak dari hasil simpanan yang mereka miliki. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita keuangan manajemen menabung