Berharap Tidak Hanya Naik Kelas

Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM), perlu didorong dengan diterbitkanya regulasi setingkat Menteri sehingga laju usaha bisa meningkat.

freepik

Menurut pengamat UKM, Samsul Hadi, peraturan tersebut menjadi panduan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Pria yang juga pendiri Working Group Pendampingan KUMKM itu menekankan pentingnya regulasi yang diharapkan dapat menjadi pegangan bagi setiap pelaku usaha di Tanah Air untuk mengetahui arah kebijakan pemerintah secara nasional. Menurut dia keberadaan sebuah peraturan menteri yang meregulasi hal itu akan sangat penting.

Ia mencontohkan, untuk bisa menjelaskan secara rinci tentang definisi UKM yang telah dianggap berhasil naik kelas. Selama ini UU yang menjadi rujukan justru hanya mengartikan UKM naik kelas secara makro sehingga belum ada satu pemahaman yang sama dari pelaku UKM sendiri. "Dan itu hal yang sangat tidak mudah dicapai. Maka perlu dirinci bahwa naik kelas itu bisa dikarenakan banyak hal,misalnya kelembagaan. Kenapa itu tidak dicatat sebagai kenaikan kelas. Nah itu butuh peraturan," katanya. Selama ini UKM terus mengembangkan kualitas produk terutama dalam hal mengembangkan desain, branding, marketing, dan pengemasan, sehingga bisa bersaing baik di pasar dalam dan luar negeri.

Selain itu, diupayakan pula sertifikasi bagi UKM yang telah mengikuti program pelatihan bidang tertentu. Dengan memiliki sertifikat khusus peserta pelatihan bisa dengan mudah mengikuti program-program Smesco Indonesia di antaranya mendapatkan fasilitas untuk ikut serta dalam berbagai ajang pameran program UKM di luar negeri. Sebab salah satu syarat untuk mengikuti pameran luar negeri pelaku UKM harus sudah terseleksi dengan baik. (Maria)

ukm usaha astaga wanita umkm kumkm