Bekraf Siapkan Digitalpreneur

Di era digital, industri kreatif berbasis tehnologi (aplikasi) akan menjadi lokomotif penggerak perekonomian nasional dan dunia.

Di era digital, industri kreatif berbasis tehnologi (aplikasi) akan menjadi lokomotif penggerak perekonomian nasional dan dunia. Paham akan hal itu, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus menyiapkan anak-anak muda generasi milenial Indonesia, menjadi wirausahawan digital atau digitalpreneur, dengan menciptakan produk aplikasi (starup) melalui Bekraf for Pre-Starup (Bekup) 2017.

Ada tiga skema yang disiapkan Bekraf untuk mencetak digitalpreneur dengan produk starup matang yakni Bekup for Basic, Bekup for Start, dan Bekup for Jurney. Bekup for Basic telah diselenggarakan tahun lalu dengan tujuan mendidik para calon digitalpreneur secara individual. Setelah menemukan ide, para calon digitalpreneur mengikuti Bekup for Start untuk menciptakan produk startup secara berkelompok. 

"Workshop #2 on Ideation (Bekup for Start) kali ini bertujuan mengelompokan individu-individu tadi menjadi tim yang siap mencetak produk startup," ungkap Azmi, pihak penyelenggara workshop yang berlangsung di kota Jogja. Kegiatan yang diikuti 120 peserta ini, didukung Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (Mikti).

Dalam kegiatan ini, para calon digitalpreneur mendapat pelatihan dari mentor-mentor berpengalaman di bidang startup, agar produk yang dihasilkan direspon pasar. Setelah tercipta produk startup, dilanjutkan workshop ketiga yaitu Bekup for Jurney untuk menajamkan produk startup. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita digital teknologi ekonomi