10 Ide Bisnis Online yang Cocok Bagi Wanita

Era tehnologi saat ini, sistem komputerisasi menjadi andalan dalam bekerja. Bisnis online pun merambah hampir di semua lini usaha. Anda juga bisa menancapkan usaha bisnis berbasis online.

Era tehnologi saat ini, sistem komputerisasi menjadi andalan dalam bekerja. Bisnis online pun merambah hampir di semua lini usaha. Anda juga bisa menancapkan usaha bisnis berbasis online. Beikut 10 ide pekerjaan berbasis online yang cocok dilakukan kaum wanita.

1. SEO Consultant

Apakah Anda tahu seluk beluk cara kerja sistem?  Memiliki keahlian platform seperti Google Analytics? Pemilik dari banyak perusahaan kecil tidak menyadari betapa banyak dampak optimasi search engine (SEO) terhadap bisnis mereka. Gunakan keahlian Anda untuk menunjukkan bagaimana membaca dan menggunakan data analytics dengan cara yang benar. Dan bagaimana cara menggunakan kata kunci dengan penyajian struktur konten yang benar untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

2. Specialized Retailer

Dengan toko e-commerce khusus, Anda bisa menjangkau pelanggan yang mencari produk spesifik. Yang Anda butuhkan hanyalah layanan web-hosting dengan fitur keranjang belanja terpadu atau dengan perangkat lunak e-commerce, dan bisnis Anda akan beroperasi dalam waktu singkat. Anda bahkan dapat bekerja sama dengan vendor untuk mengirimkan produk ke pelanggan atas nama Anda, yang berarti Anda tidak perlu memiliki banyak inventaris.

3. Social Media Consultant

Perusahaan yang lebih besar dapat menyewa agen atau anggota staf penuh waktu untuk menjalankan akun Facebook dan Twitter mereka, namun usaha kecil seringkali harus menangani pemasaran media sosial mereka sendiri. Dengan begitu banyak tanggung jawab, pemilik bisnis seringkali terlalu sibuk, kewalahan atau kurang memahami pentingnya media sosial. Sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk mengembangkan dan menerapkan strategi media sosial yang jitu. Sebagai konsultan, Anda dapat membantu mereka menentukan taktik terbaik, serta menayangkan jadwal dan konten untuk target pemirsa mereka. Seiring bertambahnya jumlah pengunjung, begitu juga bisnis Anda.

4. Web Design

Jika Anda memahami HTML dan mampu berkreasi dalam hal disain, Anda dapat meluncurkan layanan untuk membuat situs web yang menarik dan mudah digunakan, bagi kalangan bisnis manapun. Umbar keterampilan Anda melalui media internet untuk diketahui para pelaku bisnis, sehingga dapat membantu usaha mereka. Bangun portofolio yang komprehensif, lalu buat situs web Anda sendiri untuk memamerkannya dan menarik banyak klien.

5. Assistant / task manager

Apakah Anda memiliki kemampuan organisasi yang sempurna? Bisakah Anda dengan cepat dan efisien menjalankan tugas? Mungkin sudah waktunya untuk mengutamakan keterampilan dengan menjadi asisten pribadi atau task manager online. Perusahaan-perusahaan online memungkinkan Anda untuk mendaftar tugas yang ingin Anda selesaikan - termasuk penelitian data, asisten virtual atau tugas yang sedang berjalan - dengan mulai membangun klien.

6. Profesional freelancer

Bergantung pada keahlian Anda, Anda bisa bekerja untuk beberapa perusahaan di berbagai bidang yang menawarkan fleksibilitas dan perubahan kecepatan waktu yang diperlukan. Menurut situs freelance job listing seperti Freelancer.com, layanan teknologi, pembuatan konten dan desain web, adalah bidang yang populer untuk pekerjaan berdasarkan kontrak waktu kerja.

7. Affiliate Marketing

Di tengah arus modernisasi, periklanan dari mulut ke mulut ternyata masih menjadi kekuatan ‘jualan’ bagi perusahaan. Bahkan banyak pelaku bisnis yang bersedia membagikan sebagian dari keuntungan mereka dengan individu persuasif yang mampu dengan gencar mempromosikan produk mereka ke publik. Jika Anda memiliki situs web pribadi dengan jumlah pengikut yang banyak, ini adalah kesempatan Anda menjadi mitra perusahaan dalam melakukan branding atau promosi produk.

8. Remote Technical Support

Banyak bisnis kecil tidak memiliki anggaran untuk karyawan TI penuh waktu. Jadi ketika sistem mereka mengalami problem, biasanya mereka akan memanggil teman atau anggota keluarga yang dianggap mampu menyelesaikannya. Jika Anda memiliki pengalaman bekerja pada komputer dan jaringan, Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan bantuan teknis langsung jarak jauh.

9. App Development

Kini aplikasi mobile lebih beragam dan canggih, dengan fitur-fitur yang sangat menarik. Jika Anda memiliki kegemaran menjajal ide-ide aplikasi menarik dan memahami coding, Anda dapat membuat aplikasi Anda sendiri. Namun bila Anda hanya memiliki ide dan tidak memahami seluk-beluk bagaimana mengembangkannya secara komputerisasi, ada banyak pengembang perangkat lunak yang ingin berkolaborasi dengan para pemikir-pemikir kreatif.

10. Blogger

Jika Anda memiliki gagasan dengan kata-kata inspiratif, sangat baik bila Anda membangun sebuah blog atau menjadi blogger. Anda dapat mempersonalisasi pengalaman blogging Anda dan menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Semakin besar jumlah pengunjung yang menikmati materi blog Anda, semakin tinggi kesempatan Anda menciptakan bisnis yang sukses. 

Nah, yang mana pilihan Anda? (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita usaha bisnis online teknologi