Tiga Bagian Dalam Prospektus Penawaran Saham

Salah satu persyaratan utama perusahaan menjual saham publik adalah menerbitkan prospektus.

Prospektus adalah informasi berupa dokumen yang berisi berbagai informasi mengenai perusahaan dan saham yang ditawarkan melalui mekanisme Inital Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana di pasar modal. Prospektus harus dipublikasi di media massa nasional agar menjadi informasi publik. 

Ada tiga bagian dalam prospektus penawaran saham. Pertama, informasi mengenai jumlah saham yang ditawarkan oleh emiten tersebut. Jumlah saham yang ditawarkan kepada masyarakat menggambarkan berapa besar bagian dan modal yang disetor yang akan dimiliki oleh publik atau masyarakat umum. Biasanya, informasi mengenai jumlah saham yang ditawarkan ini terdapat pada bagian tengah dari halaman muka prospektus perusahaan.

Kedua, nilai nominal serta harga penawaran yang ditetapkan. Nilai nominal saham ialah nilai yang tercantum pada surat saham yang akan disertakan pada setiap saham yang diterbitkan oleh perusahaan atau emiten.

Nilai nominal saham berbeda dengan harga saham karena harga saham bukanlah nilai nominal yang terdapat pada surat saham. Harga saham sama dengan harga penawaran. Biasanya informasi mengenai nilai nominal dan harga penawaran setiap saham tercantum  pada bagian tengah dari halaman muka prospektus saham, sama dengan letak informasi mengenai jumlah saham yang ditawarkan.

Ketiga, bidang usaha yang dijalankan emiten atau perusahaan. Informasi ino biasanya terletak pada bagian tengah dari halaman muka prospektus perusahaan. Dalam prospektus perusahaan juga terdapat riwayat singat perusahaan. Informasi ini biasanya terdapat pada bagian prospektus saham bagian Keterangan Tentang Perseroan dan Anak Perusahaan. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir reksadana keuangan tabungan investasi