Pihak-Pihak yang Terkait dengan Pasar Modal

Secara umum, gambaran mengenai pihak-pihak yang terkait dan bahkan terlibat langsung di dalam pasar modal Indonesia dan sering juga disebut sebagai struktur pasar modal.

Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM)

Secara umum, tugas Bapepam adalah melakukan pengaturan, pengawasan, dan pembinaan sehari-hari terhadap kegiatan pasar modal di Indonesia, sehingga aktivitas dapat berjalan secara teratur, wajar, dan efisien, serta kepentingan semua pihak yang terlibat di dalamnya dapat terlaksana dan terlindungi, khususnya kepentingan para pemodal dan masyarakat.

Sesuai dengan gambar struktur pasar modal yang telah di tetapkan, Bapepam berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan.

Sedangkan bagian regulasi, memiliki tugas dan fungsinya sendiri. Misalnya,  Self Regulatory Organizations (SRO). Lembaga ini  adalah organisasi di dalam struktur pasar modal yang memiliki kewenangan untuk membuat peraturan yang berhubungan dengan akitivas usahanya sendiri di pasar modal tersebut, yang terdiri atas; Pertama, Bursa efek. Bursa efek adalah penyelenggara dan penyedia sistem / sarana perdagangan efek dengan mempertemukan penawaran jual dan beli antar pihak yang berkehendak untuk menjual dan membeli efek tersebut, dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka. Aktivitas ini, dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia berdasarkan perolehan izin usaha dari Bapepam.

Kedua, Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP). LKP adalah penyelenggara jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa, yang saat ini berdasarkan perolehan izin usaha dari Bapepam dilakukan oleh PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Ketiga,Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP). LPP adalah penyelenggara kegiatan kustodian sentral bagi bank kustodian, perusahaan efek. Dan pihak lain, yang saat ini berdasarkan perolehan izin usaha dari Bapepam dilakukan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi melalui reksadana, pengetahuan ini bisa menjadi pedoman dalam menjalankan investasi yang memiliki prospek positif di Indonesia. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir reksadana pasar modal