Peringkat Sejumlah Perusahaan RI Naik

Sepanjang tahun berjalan, sejumlah perusahaan mengalami kenaikan peringkat seiring dengan membaiknya fundamental perusahaan dan kondisi ekonomi dalam negeri.

Berdasarkan dataPT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), sepanjang tahun ini (per Agustus 2017)terlihat lebih banyak perusahaan yang peringkat perusahaan beserta obligasinyadinaikan (upgrade) dibandingkandengan yang diturunkan (downgrade).Pelindo mengklaim ada 12 perusahaan yang peringkatnya dinaikan.

Setidaknya 6perusahaan berasal dari sektor finansial yang antara lain PT Sarana MultigriyaFinansial (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT MNC Sekuritas, PT Bank MayapadaInternational Tbk., Bank Mantap, dan Bank Woori Saudara Indonesia. Sisanyaberasal dari sektor konstruksi, asuransi dan farmasi, yakni PT Nindya Karya(Persero), Perum Jamkrindo, dan PT Pharos Tbk.

Kepala DivisiPemeringkatan Institusi Finansial Pefindo, Hendro Utomo mengatakan bahwarata-rata perusahaan dalam negeri yang peringkat Pefindo tahun ini memperolehperinngkat yang cukup baik.

Di sektorfinansial, kondisi industri secara umum yang relatif stabil menjadi salah satupendorong dinaikannya peringkat sejumlah perusahaan meski persaingan memangcukup ketat.

Kemudian, disektor pembiayaan khususnya pembiayaan otomotif pun cenderung stabul denganadanya peluang pemulihan lebih cepat di penjualan mobil.

Di sisi lain,sepanjang tahun ini hanya ada 6 perusahaan yang peringkatnya diturunkan. Merekaadalah PT sumberdaya Sewatama di sektor kelistrikan, PT Express Transindo UtamaTbk, di sektor transportasi, PT Indomobis Trada Nasional di sektor otomotif,PTPN X di sektror perkebunan, dan PT Bima Multi Finance di sektor pembiayaan. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir reksadana