Menghadapi Inflasi dengan Investasi

Mempertimbangkan berinvestasi dengan cara beda, selain menabung, bisa menjadi alternatif mendapatkan keuntungan maksimal. Meski orang masih senang menitipkan uangnya di bank.

Mempertimbangkan berinvestasi dengan cara beda, selain menabung, bisa menjadi alternatif mendapatkan keuntungan maksimal. Meski orang masih senang menitipkan uangnya di bank.

Budaya menabung, memang sangat familiar di Indonesia. Hal itu lantaran kebiasaan tersebut selalu didengungkan sejak kecil. Selain itu, pertimbangannya adalah, dengan menabung atau menyimpan dana deposito di bank, maka dana tersebut bakal berbunga, alias memberi nilai tambah dari jumlah sebelumnya. Namun yang tidak diketahui oleh banyak orang awam adalah walaupun diberikan bunga, uang kita tetap menyusut nilainya. Dengan tingkat bunga yang relatif kecil, maka orang yang menabung bukannya untung tapi malah buntung. Penyebabnya adalah inflasi.

Menilik catatan perekonomian tanah air, Indonesia mengalami tingkat kenaikan yang cukup tinggi. Kita patok saja, tingkat inflasi Indonesia sekitar 7 persen. Dampak kenaikan ini juga paling dirasakan kaum wanita atau ibu rumah tangga yang terbiasa menangani kebutuhan pokok macam beras, minyak goreng, cabe, telur, dan sebagainya. Belum lagi biaya pendidikan sekolah yang ditengarai mengalami kenaikan 20 persen pertahun.

Lalu bagaimana dengan uang yang tersimpan dibank lewat program menabung atau deposito? Uang kita memang terlihat meningkat karena bunga Bank. Tetapi bunga tabungan tersebut trerlalu kecil dibandingkan dengan inflasi. Umumnya Bank selalu memberikan bunga tabungan lebih rendah dari inflasi. Di tahun 2014, rata-rata bunga Bank adalah 4,5% sedangkan inflasi mencapai 7,5%. Jadi uang di tabungan kita akan mengalami susut, nilainya malah minus 3% per tahun. Karena itulah, jika menyimpan uang di tabungan, justru kekayaan Anda akan tergerus inflasi. Apalagi kalau saldo cuma sedikit, uang di tabungan makin susut dipotong biaya administrasi dan kartu ATM.

Karenanya, dana hasil menabung perlu diinvestasikan untuk membuatnya lebih berkembang. Langkah berani perlu diambil untuk menangkal inflasi dengan berinvestasi. Karena jika mengandalkan tabungan saja pasti akan digerogoti inflasi. Investasi perlu dilakukan untuk bisa mengalahkan inflasi. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita investasi perbankan inflasi