Manfaat Keberadaan Pasar Modal

Secara umum, manfaat keberadaan pasar modal diuraikan dalam penjelasan berikut. Manfaat bagi para emiten atau perusahaan yang melaksanakan penawaran umum maupun investasi langsung (private placement)

Secara umum, manfaat keberadaan pasar modal diuraikan dalam penjelasan berikut. Manfaat bagi para emiten atau perusahaan yang melaksanakan penawaran umum maupun investasi langsung (private placement), keberadaan pasar modal akan memberikan manfaat antara lain berupa kemudahan dalam memperoleh dana pengembangan usaha, serta sebagai daya dorong untuk mengelola perusahaan secara lebih profesional, transparan, efisien, profit oriented, dan beretika dengan penerapan good corporategovernance karena anjuran otoritas pasar modal dan pengawasan publik, khususnya masyarakat investor.

Sedangkan manfaat bag  investor, keberadaan pasar modal ini  akan memberikan manfaat seperti keluasan alternatif investasi, penyebaran kepemilikan perusahaan secara luas kepada masyarakat, serta memberikan potensi keuntungan atau return dengan kemungkinan risiko yang melekat pada masing-masing instrumen investasi yang dipilihnya.

Berikutnya adalah Manfaat bagi sistem ekonomi. Selain bermanfaat langsung bagi emiten dan investor seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keberadaan pasar modal juga memberikan dampak luas bagi sistem ekonomi nasional yang ada, antara lain Pertama,  Dengan kemudahan perusahaan untuk memperoleh dana dari investor, akan mendorong kontribusi mereka dalam memajukan pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan kesempatan kerja, dan meningkatkan pendapatan pemerintah khususnya dari sektor perpajakan. Kedua, mendorong laju investasi. Ketiga, memberikan indikasi perkembangan perekonomian suatu negara. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita pasar modal usaha bisnis saham