IHSG Menguat Tunjukan Daya Tahan Investor Domestik

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan lalu sudah dua kali membukukan rekor tertinggi baru. Namun, para investor asing masih terus menjual sahamnya.

Pada Rabu dan Jumat, akhir pekan lalu, IHSG membukukan rekor tertinggi baru. Pada penutupan perdagangan Jumat, IHSG ditutup naik 21 poin atau setara dengan 0,36 persen menjadi 5,915.

Ketika itu, para investor asing melepaskan sahamnya dan membukukan penjualan bersih sebesar Rp 281 miliar. Dalam sepekan, investor asing membukukan penjualan bersih sebesar Rp 1,68 triliun. 

Jika dihitung sejak awal tahun, pembelian bersih investor asing makin tipis, sebesar Rp 1,96 triliun dari Rp 3 triliun pada pekan sebelumnya. Hal ini menunjukan para investor domestik memiliki daya tahan.

Porsi investor dosmestik dan asing pun semakin berimbang. Pasar keuangan dan didominasi oleh investor asing, akan menimbulkan risiko ketergantungan sumber dana dari asing. Jika pasar saham didominasi oleh investor asing. Ketika para investor asing memutuskan untuk keluar dari pasar keuangan, indeks saham akan menurun. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir reksadana investor bisnis keuangan