Tetap Dekat dengan Buah Hati Meski Sibuk Bekerja

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus ibu bekerja memang bukanlah hal mudah. Terutama dalam menjaga kedekatan dengan buah hati kesayangan.

freepik

Di satu sisi seorang ibu ingin maksimal bekerja, di sisi lain juga tidak ingin kehilangan waktu bersama anak tercinta.

Jika anda mengalaminya, anda 

tidak sendirian. Di sekeliling anda, ada banyak wanita pekerja yang mengalami masalah klasik ini. Nah berikut ini, beberapa tips untuk mengatasi kesibukan bagi ibu bekerja agar tidak kehilangan waktu bersama anak:

1. Sebelum berangkat beraktivitas ke luar rumah, usahakan sarapan setiap pagi bersama anak. Lakukan obrolan ringan sambil sarapan. Dengarkan celotehnya dengan sabar. Selipkan nasihat-nasihat kebaikan untuk anak. Ajarkan tanggung jawab dan kemandirian pada buah hati anda.

2. Berikan pelukan dan ciuman pada anak, saat anda akan berangkat bekerja. Atau jika anda sempat, antarkan anak anda ke sekolah. Peluk dan ciumlah anak anda setiap ada kesempatan. Hal ini akan membuat anak selalu merasa dicintai dan dekat secara emosional dengan anda.

3. Saat pulang kerja. sebisa mungkin hindari pemakaian gadget atau menonton TV.  Gunakan waktu untuk menemani anak belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Jadilah sahabat terbaik bagi anak-anak, dan perlakukan mereka sesuai usianya. 

4. Temani tidur. Menjelang malam, mungkin anda bisa menemaninya sejenak sekedar untuk mendengarkan pengalamannya di sekolah bersama teman-temannya. Pastikan kondisinya baik-baik saja sampai dia terlelap.

5. Jika tidak ada kegiatan di akhir pekan, manfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama. Misalnya  memasak makanan favorit, berkebun atau sekedar mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Bisa juga lakukan aktivitas di luar rumah seperti menonton film terbaru si bioskop, makan di restaurant atau sekedar window shopping ke mal.

Berikanlah pengertian, bahwa apa yang anda lakukan juga untuk kebaikan anak di masa depan. Percayalah jika anda pandai memanfaatkan waktu, anda tidak akan pernah kehilangan kedekatan dengan anak-anak anda, sekaligus dapat bekerja dengan tenang. Jangan lupa ajak pasangan untuk bekerjasama. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita buah hati wanita ibu moms