Sukses Melewati Masa Percobaan

Dalam dunia kerja ada istilah masa percobaan untuk karyawan baru. Biasanya, masa percobaan ini berlangsung selama tiga bulan. Selama masa percobaan itulah karyawan baru diharapkan dapat bekerja maksimal, semangat dan mampu menerima tantangan. Sehingga m

Dalam dunia kerja ada istilah masa percobaan untuk karyawan baru. Biasanya, masa percobaan ini berlangsung selama tiga bulan.  Selama masa percobaan itulah  karyawan baru diharapkan dapat bekerja maksimal, semangat dan mampu menerima tantangan. Sehingga masa percobaan itu bisa dilewati dengan mulus.

Lalu bagaimana agar anda sukses melewati masa percobaan? Coba perhatikan tips berikut ini:

# Berikan kesan terbaik

Kesan pertama akan memberikan penilaian tersendiri mengenai sifat anda. Coba datang tepat waktu, ramah, dan tampil percaya diri di depan karyawan lain. Jangan lupa untuk selalu berpakaian rapi dan pantas. Anda akan menciptakan kesan yang baik kepada atasan dan perusahaan saat awal pertemuan.

# Proaktif

Mulailah aktif meminta agenda pekerjaan pada atasan. Jangan hanya menunggu perintah. Selesaikan pekerjaan tepat waktu dan buat laporannya. Mintalah masukan tentang pekerjaan anda sebagai bahan evaluasi kinerja. Sikap aktif akan menjadi nilai tambah atas diri anda. Sikap seperti ini menunjukkan bahwa anda memiliki etos kerja yang baik dan keseriusan dalam bekerja.

# Buat inovasi dan kreasi

Bekerja haruslah membuat sesuatu yang kreatif dan inovatif. Meski dalam masa percobaan, cobalah menghasilkan sesuatu yang kreatif.  Hal ini akan menjadi nilai plus di mata atasan anda.

# Bergabunglah dengan rekan kerja

Bergabunglah dengan rekan kerja lainnya untuk sekadar makan siang atau ngopi usai jam kerja. Hal ini akan mengesankan anda pribadi yang luwes, terbuka dan bisa diajak kerja sama. Jika anda selalu ingin menyendiri, tidak tertutup kemungkinan anda akan dianggap kuper alias kurang pergaulan.

# Jangan sok akrab

Meski penting menjalin keakraban dengan rekan kerja, tapi jangan terkesan sok akrab. Anda harus tahu batasan yang sepantasnya. Jangan sekalipun mengomentari masalah pribadi rekan kerja atau bos karena anda bisa dianggap tidak profesional.

Pada dasarnya jadikan masa percobaan itu sebagai masa 'ujian' dalam arti anda harus benar-benar mampu mengatasi setiap tantangan. Jangan lupa untuk selalu bersikap positif. Percayalah jika anda bersungguh-sungguh masa percobaan ini bukanlah hal yang sulit. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita karir karyawan work