Menghadapi Bos Galak

Memiliki bos galak atau temperamental memang sangat tidak menyenangkan. Suasana kerja menjadi tidak nyaman, perasaan selalu was-was, karena khawatir bos marah.

freepik

Jika dibiarkan berlarut-larut tentu akan mempengaruhi kinerja anda. Bahkan sebagian karyawan mungkin berpikir untuk mengundurkan diri karena merasa tak bisa bekerjasama.

Tapi jangan terburu-buru resign, meski menjadi tantangan tersendiri, sesungguhnya menghadapi bos yang galak bukan hal yang terlalu sulit. Cobalah tips berikut ini :

Lakukan komunikasi yang baik

Anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan si bos. Tanyakan dengan jelas deskripsi pekerjaan, agar terhindar dari kesalahan. Jangan lupa untuk selalu bersikap sopan dan agar suasana tidak kaku, berikan senyum terbaik anda.

Ketahuipenyebab kemarahan bos

Setiap kali bos marah, jangan langsung berpikir negatif. Cari tahu apa penyebab marahnya. Jika sudah tahu maka jadikan pengalaman dan sebisa mungkin tidak melakukan hal yang membuat bos emosi. Tapi jika sifat galak si bos memang sudah bawaan, tak perlu juga diambil hati. Anggap saja dia sedang melatih anda untuk menjadi pribadi yang lebih kuat.

Hindari konflik

Jika anda ingin selalu nyaman bekerjasama dengan bos yang galak, hindari konflik dengannya.Jangan pernah mengkritiknya jika tidak diminta. Intinya jangan pernah mencoba mencari masalah dengannya. Bersikap bijak jauh lebih aman untuk posisi anda.

Profesional

Bersikaplah untuk selalu profesional. Betapapun kesalnya Anda pada bos, selesaikan pekerjaan sebaik mungkin.

Tunjukkan prestasi

Jika Anda bekerja sungguh-sungguh, selalu semangat dan menghasilkan kerja yang bagus, pasti bos akan menaruh simpati dan respek pada Anda. Apalagi jika Anda berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan bos selaku pemilik perusahan. Bisa jadi, Anda akan menjadi karyawan kebanggaannya.

Jangan bergosip
Ingat, bos yang galak sesungguhnya menyadari sifatnya yang kurang baik. Tapi tetap saja dia tak akan pernah suka jika dibicarakan keburukannya dibelakangnya. Maka berhati-hatilah. Jangan terpancing membicarakan keburukan sibos di kantor.

Demikianlah tips menghadapi bos yang galak. Ingatlah, segalak-galaknya si bos, dia tetap manusia biasa, yang tentu memiliki sisi baik. Berpikirlah positif dan terustunjukkan prestasi. [Tri]

astaga wanita bos wanita karir kantor