Langkah Awal Atasi Bayi Demam

Menghadapi bayi yang tengah demam kadang memang membuat panik. Apalagi jika demam tinggi. Wajar jika para ibu khawatir dan cemas.

Menghadapi bayi yang tengah demam kadang memang membuat panik. Apalagi jika demam tinggi. Wajar jika para ibu khawatir dan cemas.

Sebenarnya ibu tidak perlu panik ketika bayi demam, dan tidak selalu harus mencari solusi dengan mengunjungi dokter. Kunci mengatasi bayi demam adalah bersikap tenang, sehingga akan berpengaruh pada bayi. Jika ibu panik, bayi akan lebih rewel.

Pada dasarnya demam merupakan hal yang umum terjadi pada bayi. Demam merupakan gejala bahwa di dalam tubuh bayi sedang terjadi infeksi, peradangan dan lainnya. Pada umumnya, demam yang menyerang bayi disebabkan oleh virus atau bakteri, dan hal ini akan sembuh secara berangsur-angsur. Mengatasi demam pada bayi dengan menggunakan aneka macam obat-obatan adalah pilihan terakhir, jika demam tidak kunjung menurun.

Berikut ini adalah langkah awal yang harus anda lakukan ketika bayi demam:

Kompres dengan air hangat

Saat bayi demam jangan mengkompress bayi dengan air dingin. Karena air dingin justru akan menambah suhu tubuh bayi. Ketika bayi demam, dimana suhu tubuh bayi masih di bawah 38.50, ibu cukup mengkompres dengan air hangat.

Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengurangi suhu tubuh bayi. Mengkompres bayi dengan air hangat adalah cara pertama untuk mengatasi demam, sebelum ibu mengambil pilihan dengan obat penurun panas.

Jangan menyelimuti bayi

Jika jaman dahulu orang tua berpikir ketika bayi demam harus diselimuti, dengan tujuan agar berkeringat, maka cara ini tidaklah benar. Suhu tubuh bayi justru akan meningkat ketika hal tersebut dilakukan. Pasalnya uap panas yang tercipta akan membuat  tubuh bayi menyerap panas tersebut, sehingga suhu tubuh tidak menurun.

Sebaliknya ibu harus memakaikan baju yang tipis dan ringan untuk bayi. Selain bayi bebas dan leluasa begerak, hal ini juga sebagai antisipasi jika keadaan yang tidak  diinginkan terjadi seperti kejang.

Perbanyak asupan cairan untuk bayi

Minum air putih bagi bayi yang sudah tidak ASI ekslusif  dengan tetap melanjutkan ASI adalah salah satu cara untuk menghindari dehidrasi pada bayi. 

Usahakan memberikan air sebanyak-banyaknya pada bayi. Sari buah atau makanan dalam bentuk cairan seperti sup juga sangat dianjurkan. Jika ibu merasa bayi dehidrasi, dengan melihat jumlah air pipis dan ubun-ubun yang cekung, maka sebaiknya hubungi dokter.

Obat penurun panas

Jika setiap kali ibu mengukur suhu tubuh bayi dan selalu di atas angka 38,50, maka gunakan obat penurun panas. Obat ini akan membantu menurunkan suhu tubuh bayi dengan segera. Namun, jika ternyata obat penurun panas tidak efektif menurunkan suhu tubuh bayi, dan demam bayi sudah berlangsung lebih dari tiga hari, mungkin sudah saatnya ibu meminta bantuan tenaga medis.

Ingat yang penting saat bayi demam, ibu tetap tenang dan tidak boleh panik. Jika ibu tenang, secara psikologis bayi akan merasa terlindung. Dekap bayi untuk mentransfer panas, lakukan sambil tetap menyusui. Jika ibu sudah maksimal mengusahakan kesembuhan bayi, namun tak ada perubahan, segera kunjungi dokter. Jangan lupa minta dukungan suami tercinta. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita bayi demam kesehatan