Fakta di Balik Sisa Nasi Kemarin

Apakah anda sering membuang nasi sisa kemarin? Jika ya, mulai sekarang jangan membuang nasi sisa. Jangan berpikir bahwa nasi kemarin sudah pasti basi.

Apakah anda sering membuang nasi sisa kemarin? Jika ya, mulai sekarang jangan membuang nasi sisa. Jangan berpikir bahwa nasi kemarin sudah pasti basi. Selama kondisinya tidak berair, tidak bau, nasi tersebut masih layak dikonsumsi. Bahkan nasi sisa kemarin ternyata sangat baik bagi pencernaan kita. Apa alasannya?

Perubahan kimia yang menyehatkan

Nasi yang disimpan semalaman dan dikonsumsi keesokan harinya ternyata mengalami berbagai perubahan kimia yang bisa memberikan kesehatan bagi tubuh. Disamping itu, nasi sisa masakan kemarin ternyata memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah, yakni 60 persen lebih sedikit jika dibandingkan dengan nasi yang baru saja dimasak. Berarti nasi sisa ini  akan sangat baik bagi anda yang tengah diet.

Sebagaimana kita ketahui, nasi yang baru saja dimasak ternyata akan langsung diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Glukosa ini memang sangat berguna sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas. Namun, jika kita ternyata tidak terlalu banyak bergerak, maka glukosa yang tak terpakai akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Sedangkan nasi yang disimpan semalaman tidak memiliki kandungan glukosa, sehingga anda tak perlu khawatir akan menambah lemak jika habis mengkonsumsinya.

Karena tidak menyimpan glukosa, nasi sisa kemarin juga sangat disarankan untuk orang yang menderita kencing manis atau diabetes mellitus tipe 2.

Nasi dingin mempunyai indeks glikemik rendah

Bagi sebagian besar rakyat Indonesia menghindari atau mengurangi nasi bisa menjadi mimpi buruk. Karena sekalipun sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung nasi seperti lontong dan bubur, serasa belum makan jika belum makan nasi.

Bagi anda yang menderita   diabetes masih boleh makan nasi, tapi dengan sejumlah aturan. Salah satu yang disarankan adalah dengan makan nasi kemarin atau nasi yang sudah dingin. Tapi, apa sih yang membuat makan nasi kemarin berbeda dengan nasi yang baru dimasak?

Nasi kemarin atau nasi yang sudah dingin memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi yang baru dimasak. Tentu, ini menguntungkan bagi orang yang memiliki diabetes.

Makanan dengan indeks glikemik rendah baik untuk penderita diabetes. Karena makanan ini tidak langsung dapat menaikkan kadar gula darah. Berbeda dengan makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi yang dapat membuat kadar gula darah melonjak tinggi.

Nah, apakah anda tertarik mengubah kebiasaan dari makan nasi hangat ke nasi dingin atau nasi sisa kemarin? Jika manfaatnya lebih baik, kenapa tidak? [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita nasi fakta kimia