Cara Sederhana ini Bisa Mengurangi Rasa Cemas

Setiap orang pasti pernah merasa cemas, khawatir, ketakutan, dan stres. Perasaan ini bisa muncul karena berbagai hal. Tapi yang pasti, perasaan cemas sering kali disebabkan oleh pikiran negatif dan rasa takut akan terjadi sesuatu yang buruk.

Ketika mengalami perasaan cemas, sangat disarankan agar kita senantiasa menenangkan diri dan mengatasi rasa cemas inI.

Pada dasarnya, rasa cemas bisa dilawan dan diatasi dengan cara yang sederhana. Cara sederhana ini bisa mengurangi sekaligus mengatasi rasa cemas, khawatir serta stres. Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

# Menggenggam batu kerikil

Cara mudah pertama untuk mengatasi dan mengurangi cemas atau khawatir adalah menggenggam batu atau kerikil. Percaya atau tidak, menggenggam batu bisa mengurangi rasa khawatir dalam hati. Ini juga akan membantu anda merilekskan otot-otot tubuh yang tegang akibat rasa cemas. Para ahli percaya bahwa menggenggam sesuatu di tangan, khususnya menggenggam batu akan membuat perasaan perlahan menjadi lebih rileks, nyaman dan jauh dari kecemasan serta stres.

# Menggigit pensil

Selain menggenggam batu atau kerikil, cara yang bisa digunakan untuk mengatasi serta mengurangi kecemasan adalah menggigit pensil. Lebih menarik lagi, menggigit pensil juga memungkinkan kita sembuh dari sakit kepala atau migrain.

# Mencium aroma yang menyenangkan

Apa aroma yang anda suka? Jika anda suka dengan aroma kopi, hiruplah aroma kopi yang harum. Tak perlu meminumnya, cukup menghirup baunya berulang-ulang sudah bisa mengatasi rasa cemas anda. Tapi jika ingin meminumnya juga tak masalah. Minumlah dalam porsi yang tidak berlebihan.

Jika anda suka dengan aroma minyak kayu putih, oleskan aroma minyak kayu putih pada hidung anda. Nikmati sensasi harumnya. Apapun aroma yang anda suka, hiruplah. Cara ini perlahan-lahan akan mengurangi perasaan stress dan cemas anda. Karena aroma yang menyenangkan dipercaya dapat direspon oleh otak secara positif. Sehingga pikiran pun menjadi lebih tenang.

# Mendengarkan musik

Dengarkan musik dengan irama yang menenangkan, seperti musik klasik. Alunan musik klasik diyakini akan menenangkan jiwa dan perasaan anda.Sehingga akan mengurangi perasaan cemas.

Selain cara di atas, cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengurangi cemas antara lain  melukis, shopping, menulis, memasak, atau apa saja kegiatan yang anda sukai.

Hal yang lebih penting adalah senantiasa berpikir positif agar suasana hati lebih nyaman, tenang serta bebas stres. Berpikir positif selain membuat lebih nyaman dan mengatasi cemas, juga berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita citra wanita karir cantik tips