Aturan Dalam Membuat Jus

Namun ada cara untuk menyiasati ketidaksukaan anda terhadap sayur dan buah. Salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Tidak semua orang menyukai sayur dan buah. Padahal di dalam sayur dan buah banyak terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Namun ada cara untuk menyiasati ketidaksukaan anda terhadap sayur dan buah. Salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Tapi membuat jus sebaiknya tidak asal buat. Ada beberapa hal yang  penting anda perhatikan, agar tidak terjebak dengan pemahaman yang salah soal pemahaman minuman jus selama ini. Perhatikan hal berikut:

1. Pilihlah aneka sayur dan buah

Buatlah jus yang merupakan gabungan dari buah dan sayur dengan warna-warna yang berbeda supaya anda mendapatkan asupan dari berbagai vitamin dan mineral.

2. Jangan buang ampas jus

Biasanya seseorang minum jus tapi tidak dengan ampasnya. Padahal

Pada ampas itulah terdapat serat yang terkandung dalam sayur dan buah. Maka jangan buang ampas jus, usahakan untuk sekalian meminum ampasnya, agar kebutuhan zat gizi dan nutrisi anda terpenuhi.

3. Gunakan blender, jangan gunakan mesin jus modern

Lebih baik gunakan blender konvensional daripada mesin jus modern.  Dengan penggunaan blender, serat yang terkandung dalam sayur dan buah tidak akan hilang karena antara sari dan ampas tidak terpisah. Bila menggunakan blender, Anda dapat menambahkan sedikit air saat akan mengolah sayur dan buah tersebut.

4. Perhatikan jumlah kalori tiap buah

Bila anda hanya menggunakan buah-buahan sebagai bahan jus anda, maka hati-hati dengan kalori yang anda konsumsi. Jus yang terdiri dari buah-buahan saja memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, sedangkan jus yang terbuat dari sayur-sayuran saja memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Contohnya saja, dalam 1 buah pisang bisa terdapat 100 hingga 200 kalori. Setara dengan Anda makan ½ potong donat tanpa topping.

Untuk membuatnya seimbang Anda dapat menggabungkan antara keduanya. Anda juga dapat menambahkan susu atau yoghurt ke dalam jus anda guna menambah asupan protein.

Sebaiknya jangan memasukan gula dalam jus anda. Namun jika memang bicara soal selera, memasukan beberapa sendok teh gula asal tidak berlebihan masih bisa ditoleransi. Meskipun jika ada kesempatan anda kompensasikan dengan olahraga cardio (jogging, renang,rowing dan lainnya) sedikitnya 20 menit untuk membakar kalori dari gula yang ada di jus anda.

5. Cermati pemilihan buah bagi yang berdiet

Dengan mengkonsumsi jus buah dan sayur, anda dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh anda. Selain itu juga dapat menurunkan resiko  penyakit jantung dan kanker. Beberapa dari anda mungkin beranggapan mengkonsumsi jus dapat menurunkan berat badan.

Namun tidak dibenarkan jika anda diet hanya mengkonsumsi jus tanpa asupan nutrisi lain. Jika anda diet hanya mengkonsumsi jus maka anda akan kekurangan asupan protein dan serat yang menyebabkan massa otot berkurang dan akan timbul masalah pada saluran cerna anda.

Nah bagi anda yang lebih memilih jus daripada makan sayur dan buah secara langsung, jangan asal bikin jus ya? Pastikan anda sudah tepat membuat dan memilih aneka jenis buah dan sayuran. Tapi, sesekali usahakan juga ya untuk mengkonsumsi sayuran dan buah secara langsung. Paling tidak agar rahang dan otot-otot mulut anda lebih kuat. Dan pastinya lebih sehat! [Editor: Tri Meinarni]

jus sehat