Perjuangan Menjadi Polisi Wanita Indonesia

Untuk menjadi seorang Polisi yang tangguh tidaklah mudah apalagi untuk wanita. Mereka harus mengikuti banyak seleksi dari mulai pemilihan hingga pelatihan.

Buat kalian yang udah pernah nyoba pendaftaran seleksi Kepolisian, udah tau dong pasti rasa ribetnya dari mulai ngurus dokumen, periksa kesehatan, latihan fisik hingga baris-berbaris. Semua itu harus dilalui untuk bisa menjadi seorang Polisi yang sesungguhnya. 

Kalo dilihat dari pengalaman, teman-teman yang ikut seleksi dan berhasil ke tahap pendidikan biasanya pada kurus-kurus, kulitnya gosong. Tapi ketika sudah bertugas jadi polisi dengan seiring berjalannya waktu tubuh mereka akan segera normal kembali. Sesuai dengan istilah bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian.

Pelatihan keberanian

Pelatihan keberanian Foto : Kumparan

Turun dari ketinggian sambil mengevakuasi korban. Itulah salah satu latihan keras para siswa di Sekolah Polwan, Ciputat, Tangerang Selatan, sebelum terjun ke masyarakat. Mereka disiapkan dalam berbagai kondisi untuk menghadapi urusan penegakan hukum.

Praktek dan teori

Praktek dan teori Foto : kumparan

Kepala Sekolah Polwan Kombes Dede Rahayu mengatakan, tujuh bulan pelatihan di Sekolah Polwan merupakan kombinasi antara ilmu teori dan praktik. Tiga bulan pertama, mereka akan diberi pelatihan dasar, sisanya ada pelatihan teknik kepolisian. 

Bisa dibanyangkan betapa kuatnya para wanita-wanita ini. Tidak hanya cantik mereka juga dibekali pengetahuan hukum dan bela diri. Jadi jangan main-main dengan Polisi walaupun mereka wanita.

Polisi Polwan Pendidikan