Suku Bunga Rendah, Kredit pun Diprediksi Tumbuh Hingga 14%

Dampak pertumbuhan ekonomi domestik yang positif, menyiratkan signal membaik di tahun depan.

Dampak pertumbuhan ekonomi domestik yang positif, menyiratkan signal membaik di tahun depan. Bahkan BI dan OJK, lembaga keuangan negara tersebut, memprediksi kredit bakal tumbuh hingga 14%.

Seiring geliat ekonomi, pertumbuhan kredit perbankan pada tahun depan diperkirakan bisa lebih kencang. Hal itu tergambar dari proyeksi Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

BI memproyeksikan pertumbuhan kredit tahun depan sebesar 12%-14% atau lebih tinggi dari proyeksi tahun 2017 yang sebanyak 10%-12%. Sedangkan OJK memprediksi pertumbuhan kredit Tahun 2018 sebesar 11%-12% lebih tinggi ketimbang proteksi tahun ini yakni 11,7%.

Proyeksi pertumbuhan kredit itu tak terlepas dari target pertumbuhan ekonomi pemerintah dalam nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2018, yang sebesar 5,4%. Target ini lebih tinggi dibanding target Tahun 2017 sebesar 5,2%.

Perry Warjiyo, Deputi Gubernur BI, mengatakan, pertumbuhan kredit Tahun 2018 akan ditopang kredit modal kerja dan invstasi. Selain itu, penyelesaian kredit bermasalah bisa memacu pertumbuhan kredit lebih kencang

Pada Tahun 2018, pertumbuhan kredit juga disokong rendahnya suku bunga kredit yang kini sudah ada di level satu digit.

Catatan BI menunjukan pertumbuhan kredit modal kerja dan investasi saat ini masing-masing sebesar 10,9% dan 9,5%. Sedangkan untuk kredit konsumsi, BI mencatat permintaan masih rendah. 

Sementara itu, Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK, memprediksi tahun depan kredit bisa tumbuh di kisaran 11%-12%. Alasannya, karena pertumbuhan ekonomi sudah di atas 5% pada tahun depan.

Seiring dengan pertumbuhan kredit, OJK berharap pada tahun depan, kredit bermasalah, bisa ditekan di bawah 3%. Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK menambahkan, kenaikan kredit terjadi seiring dengan perbaikan kondisi makro dan harga komoditas. (Editor: Maria L. Martens)

ekonomi perbankan