Nilai Uang Rp 1000 Akan Menjadi Rp 1

Wacana redonominasi Rupiah kembali mencuat, nilai uang Rp 1.000 akan menjadi Rp 1. Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya.

Wacana redonominasi Rupiah kembali mencuat, nilai uang Rp 1.000 akan menjadi Rp 1. Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Pada waktu terjadi inflasi, jumlah satuan moneter yang sama perlahan-lahan memiliki daya beli yang semakin melemah.

Bank Indonesia memperkirakan efektivitas penerapan redenominasi rupiah butuh proses persiapan setidaknya tujuh tahun. Disampaikan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, bahwa penerapan redenominasi mata uang rupiah sudah bisa disiapkan sejak sekarang,  mengingat tingkat pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup baik,  dan tingkat inflasi yang terjaga.

BI juga mengharapkan Undang-undang (UU) tentang penyederhanaan atau redenominasi rupiah bisa rampung pada tahun ini. Disiilain, Agus menyayangkan UU Redenominasi mata uang tidak dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional dua ribu tujuh belas oleh parlemen sehingga proyeksi pelaksanaan redenominasi akan membutuhkan waktu lebih panjang. Karenanya, ia berharap RUU Redenominasi mata uang bisa dimasukkan dalam Prolegnas periode berikutnya sehingga persiapan pelaksanaannya bisa silakukan ditengah sitiasi yang tepat seperti saai ini  “Tapi saya ingatkan bahwa masa transisi untuk redenominasi itu butuh waktu tujuh sampai delapantahun," lanjutnya.

Deputi Senior Gubernur BI Mirza Adityaswara juga menjelaskan setelah RUU tersebut disahkan menjadi Undang-Undang  maka persiapan bisa dilakukan lewat beberapa fase seperti persiapan berbagai hal menyangkut akuntansi,  pencatatan dan sistem informasi sekaligus masasosialisasi.

Berikutnya dilakukan penetapan harga barang yang ditulis dalam dua harga yaitu dengan rupiah lama dan rupiah baru.  Uang saat ini akan disebut rupiah lama,  yang baru akan disebut rupiah baru.

 Selama periode tersebut,  masyarakat akan menggunakandua mata uang yaitu rupiah lama dan rupiah baru Begitu juga untuk pengembalian uang boleh menggunakan keduanya

BI juga akan perlahan-lahan mengganti uang rusak rupiah lama dengan rupiah baru. Selanjutnya ketika uang kertas rupiah lama akan benar-benar habis BI melakukan penarikan uang lama. (Editor: MariaL. Martens)

astaga wanita nilai uang redonominasi rupiah keuangan