Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Di zaman yang serba cepat dan modern ini, kartu kredit memang menawarkan berbagai kemudahan dalam berbelanja. Seiring dengan meningkatnya gaya hidup sebagian masyarakat, kebutuhan mereka pada kartu kredit pun juga meningkat.

Di zaman yang serba cepat dan modern ini, kartu kredit memang menawarkan berbagai kemudahan  dalam berbelanja. Seiring dengan meningkatnya gaya hidup sebagian masyarakat,  kebutuhan mereka pada kartu kredit pun juga meningkat.

Bahkan kartu Kredit sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kalangan, terutama bagi orang yang tidak suka memegang uang tunai. Mengapa? Karena kartu ajaib ini membuat anda bisa berbelanja tanpa harus memiliki uang di rekening ataupun di dompet.

Namun, anda perlu bersikap bijak dan cerdas dalam menggunakan kartu kredit.  Kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit seringkali membuat anda lupa diri akan kondisi keuangan yang sesungguhnya. Saking mudah dan menguntungkannya, kartu ajaib ini tak jarang malah membuat orang  terbuai dan akhirnya terlilit hutang yang menumpuk. 

Nah anda pasti tak ingin dong hidup dililit hutang, dikejar-kejar debt kolektor, hingga akhirnya hidup melarat? Berikut ini cara untuk menggunakan kartu kredit secara cerdas:

1. Buatlah kartu kredit sesuai kebutuhan 

Kartu kredit sering kali mengadakan kerjasama dengan supermarket atau minimarket. Hal ini ditujukan untuk menarik nasabah dan memberikan kemudahan lebih bagi penggunanya. Jika anda cenderung lebih suka kuliner, buatlah kartu kredit yang bekerjasama dengan restoran tertentu. Biasanya restoran tersebut sering mengadakan promo untuk pengguna kartu kredit. Atau jika menyukai hal-hal berbau fashion, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di outlet-outlet fashion. Tapi gunakan seminimal mungkin ya, agar anda tak terjerat hutang.

2. Miliki maksimal 2 kartu kredit

Meski memberikan banyak kemudahan, anda harus membatasi diri agar tidak memiliki kartu kredit lebih dari 2 buah. Karena semakin banyak kartu kredit, memberikan anda kemungkinan yang lebih besar untuk boros dalam menggunakannya dan menghasilkan hutang yang menumpuk. Semakin banyak hutang semakin berat pula anda membayarnya. Jadi, jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit ya. Karena meski terlihat memudahkan, ada bahaya yang sedang menantimu di masa depan

3. Atur limit kartu kredit

Setiap kartu kredit memiliki limit. Dan limit  kartu kredit dapat anda tentukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Agar  anda bisa menggunakan kartu kredit dengan cerdas, salah satu caranya adalah dengan menentukan salah satu kartu kredit dengan limit yang kecil, agar pengeluaran bisa lebih diatur dan yang satunya lagi dengan limit yang lebih besar untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Ingat, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

4. Tentukan budget pemakaian kartu kredit

Jangan menggunakan kartu kredit hingga melebihi limit yang ditentukan, sebab anda akan dikenakan denda. Sadari kemampuan anda dan gunakanlah kartu kredit sebijak mungkin.

5. Pikir panjang sebelum belanja

Belanja bisa dilakukan karena kebutuhan atau keinginan. Tidak semua keinginan anda adalah yang anda butuhkan dan sebaliknya. Berpikir panjang sebelum belanja adalah hal yang penting. Sebelum anda menggunakan kartu kredit untuk memuaskan hasrat belanja, pikirkan dulu kegunaannya, apakah penting, bermanfaat, dan harganya layak atau tidak.

6. Pantau dan manfaatkan point reward

Sadar atau tidak, setiap kali anda belanja pakai kartu kredit, poin dalam kartu kredit anda akan bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul banyak dapat ditukarkan dengan barang atau promo-promo menarik. Penukaran poin ini merupakan salah satu keuntungan dari kartu kredit, namun anda harus teliti dan jeli dalam memantau serta menggunakan point reward.

Ingat,  tidak cukup hanya mengetahui, tapi anda harus mulai mengaplikasikannya agar keuangan anda lebih teratur, kebutuhan belanja tetap terpenuhi, dan cerdas dalam mengelola keuangan. Temukan kartu kredit yang tepat, sesuai kebutuhan dan gunakan secara bijak. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita kartu kredit bank bunga keuangan