10 Cara Berhemat Setiap Bulan

Siapa bilang berhemat itu sulit. Bila direncanakan dengan baik, semua pasti lancar.

Ilustrasi: Freeimages.com

Yang ladies perlukan hanya mengikuti langkah-langkah berikut ini. Siapa tahu, dengan mengikuti secara rinci ladies bisa menambah pundi untuk ditabung setiap bulannya.

1. Buat anggaran 

Utama dan terpenting dalam berhemat adalah dengan membuat anggaran. Alokasikan dana untuk keperluan sehari-hari, mulai dari belanja, tagihan, simpanan dan lain sebagainya. Dengan memulai kebiasaan membuat anggaran, secara perlahan ladies belajar untuk mengapresiasi pemasukan yang ladies dapat. 

2. Lacak transaksi 

Setelah membuat perencanaan yang matang, ladies harus konsisten dalam menerapkannya. Lacak semua kegiatan finansial ladies, untuk mengetahui berapa besar pemasukan serta pengeluaran yang telah ladies habiskan. Adanya pelacakan ini tentunya bisa membuat ladies berhemat dan terbiasa dalam menabung. 

3. Tukar provider telepon

Pintarlah memanfaatkan jaringan Wi-Fi di beberapa tempat umum. Ladies bisa memilih provider telepon yang murah, yang menyediakan paket data yang juga murah. Beli paket data seperlunya, dan manfaatkan jaringan Wi-Fi. Ladies tidak akan menduga berapa banyak uang yang bisa dihemat. 

4. Hentikan TV berlangganan

Bila ladies bekerja, tentu tidak ada waktu lagi untuk menikmati tontonan televisi. Karenanya bila ladies memiliki TV berlangganan, bisa langsung menghentikannya. Ini tidak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga dompet ladies. 

5. Cari pendapatan tambahan

Tidak semua orang bisa melakukan double job untuk ekstra uang. Tapi bila ladies kreatif, tentu bisa melakukannya. Ladies bisa melakukan bisnis kecil-kecilan, melalui prakarya atau penganan yang bisa dijual ke rekan-rekan kerja. Pastikan saja ladies tidak melupakan pekerjaan utama ya.

6. Belanja online

Melakukan belanja online sekarang menjadi pilihan terbaik. Entah itu kebutuhan medis, pakaian, perabot rumah tangga dan lain sebagainya. Selain bisa memilih barang dengan harga terjangkau, ladies tidak perlu repot lagi membuang ekstra dana untuk transportasi. Pastikan saja saat belanja online, ladies membeli apa yang diperlukan, bukan yang lain. 

7. Buat daftar belanja sayur mayur

Tanpa disadari, saat berbelanja sayur mayur terkadang berlimpah dan jadi terbuang percuma. Untuk menghindarinya, rencanakan dengan matang apa saja menu yang ladies inginkan dan buat daftar tertulis saat berbelanja. 

8. Bawa bekal siang

Jangan malu membawa bekal ke kantor. Ini menjadi jaminan bahwa ladies bisa sangat berhemat dan kesehatan tetap terjaga berkat bekal sehat yang ladies persiapkan. 

9. Lakukan pewarnaan rambut mandiri

Oh yah. Sedikit ekstrim? Tidak juga. Jika ladies memang suka mewarnai rambut dan kerap ke salon untuk mengubah warna rambut. Well, ubahlah kebiasaan tersebut dan lakukan pewarnaan secara mandiri. Atau jika ladies berani, biarkan saja rambut ladies tumbuh alami tanpa ada campuran warna. 

10. Stop hangout tak guna

Hangout atau nongkrong di kedai kopi kekinian boleh saja, tapi pastikan ladies hanya melakukannya sekali atau dua kali dalam sebulan. Sisanya, ladies bisa siasati dengan membuat kopi dari rumah dan bawa tumbler kesayangan. Dengan begitu, ladies bisa berhemat dan dana yang terkumpul bisa ditabung.

Tips Astaga tips Berhemat Finansial