Wisata Nuansa Warna-Warni Desa Bejalen

Bukan mall atau restoran. Wisata di daerah Semarang tepatnya di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa ini menawarkan wisata swafoto dengan nuansa warna full colour tembok-tembok rumah warga perkampungan yang dibelah Sungai Kalipanjang.

Masyarakat daerah saat ini tidak kalah modernnya dengan yang ada di kota. Bisa dilihat tembok-tembok yang sudah disulap oleh tangan-tangan seniman kreatif menjadi kampung penuh warna dengan berbagai motif.

Sungai Kalipanjang

Sungai Kalipanjang Foto : tribunnews

Setelah memetakan potensi wisata yang ada di Desa Bejalen, maka ditemukanlah sungai Kalipanjang ini. Kemudian kampung yang ada di kiri-kanan sungai yang bermuara di Danau Rawapening ini dicat warna-warni dengan pola-pola dan gambar-gambar tertentu sehingga indah untuk berswafoto ria.

Spot-spot menarik yang disediakan

Spot-spot menarik yang disediakan Foto : kompas

Beberapa spot juga disediakan properti seperti sepeda ontel dan vespa tua untuk menambah variasi gaya berswa foto para pengunjung. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bejalen Anjar Eko Susanto, mengatakan, Kampung Werno Bejalen baru sepekan "diciptakan" dengan tujuan untuk memberikan alternatif wisata di Ambarawa.

"Dengan kampung warna-warni ini kami ingin mengangkat nama Desa Bejalen sebagai alternatif wisata di Ambarawa yang sudah dikenal dengan potensi wisatanya. Kemudian, kami melakukan mapping, apa yang bisa diangkat dari Bejalen ini," kata Anjar kepada Kompas.com, Rabu (22/3/2017).

Menurut Anjar, penataan kawasan di Sungai Kalipanjang ini merupakan mimpi panjang warga untuk menjadikan kawasan ini sebagai obyek wisata perkampungan.

"Baru seminggu ini kami kerjakan dan belum dibuka secara resmi, tetapi sudah viral di media sosial. Lebih dari 300-an orang datang ke sini untuk foto selfie," ujarnya.

Hingga saat ini, imbuhnya, panjang talud serta rumah warga Desa Bejalan yang dicat berwarna-warni yakni 150 meter. Sungai yang membelah perkampungan ini terlihat sangat bersih, karena warga sudah sadar untuk tidak membuah sampah di sungai ini.

source : kompas

Desa Pelangi Ambarawa Semarang Sungai Kalipanjang Wisata Swafoto