Tubuh Kuat dan Sehat dengan Sepeda

Di rumah anda ada sepeda 'nganggur'? Mulai sekarang jangan biarkan sepeda teronggok sia-sia di sudut rumah anda.

Di rumah anda ada sepeda 'nganggur'?  Mulai sekarang jangan biarkan sepeda teronggok sia-sia di sudut rumah anda. Karena sepeda sesungguhnya bukan sekedar alat transportasi, namun juga sarana olahraga yang murah, mudah, menyenangkan plus menyehatkan.

Jika olahraga seperti aerobic, berenang, fitness, atau yoga menyita waktu,  sepeda menyiasati itu semua. Ingin tau manfaat bersepeda? mari kita simak berikut ini :

- Lebih cepat membakar kalori

Bersepeda dapat membakar kalori sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam apabila dengan kecepatan 10-11 mph, serta 700 kalori apabila di medan berat selama 1 jam. Bahkan, apabila anda bersepeda secara rutin selama 1 tahun, anda dapat membakar lemak sebanyak 5 kg, hanya dengan waktu 30 menit sehari bersepeda dengan kecepatan sedang.

- Mencegah Kanker

Kanker tergolong sebagai salah satu penyakit yang dengan mudah menjalar ke seluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang dapat berkembang dalam jangka waktu panjang. Agar tubuh tidak mudah terjangkit penyakit kanker, maka berolahragalah secara teratur. Bersepeda secara rutin dapat menjadi alternatif yang tepat. Dengan memiliki tubuh yang selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang pada awalnya merupakan bibit kanker dapat dicegah pertumbuhannya.

- Memperkuat otot

Bersepeda di atas tanah yang bergelombang, menanjak, atau terdapat rintangan-rintangan lainnya akan melatih tubuh anda menjadi lebih kuat. Karena secara otomatis anda telah melatih otot lengan, kaki, dan bahu.

- Mencegah obesitas

Apabila anda tidak ingin terkena obesitas atau kegemukan, maka mulailah dari sekarang untuk bersepeda secara rutin. Bersepeda mempercepat pembakaran kalori, sehingga akan menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

- Mencegah penyakit jantung

Studi yang dilakukan British Medical Association telah menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu mampu mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebesar 50%.

- Awet muda

Dengan rutin bersepeda akan memperlancar peredaran darah dan menguatkan otot-otot. Artinya bersepeda memperlambat tanda-tanda penuaan. Bahkan membuat seseorang terlihat 10 tahun lebih muda.

Bagaimana? Banyak kan manfaat bersepeda? Ayo jangan malas bersepeda. Apalagi bersepeda dapat mengurangi emisi karbon. Sehingga mencegah pemanasan global dan polusi udara. Jadi, bersepeda selain menyehatkan tubuh anda, juga menyehatkan lingkungan. [Editor : Tri Meinarni]

astaga wanita bersepeda kesehatan cantik bugar olahraga