Tips Berbagai Informasi di Sosial Media

Coba tanyakan pada diri kamu, hal-hal berikut, sebelum membagikan konten atau informasi di sosial media.

Karena peduli, kita seringkali berbagi konten atau informasi di sosial media. Niatnya baik, agar orang lain tahu dan mungkin bisa mengambil langkah dan tidak salah langkah. Namun apa daya, kadang kali sensor dalam diri juga kurang. 

Coba tanyakan hal-hal berikut, sebelum kamu membagi konten atau informasi ke khalayak ramai via sosial media. 

Orang pintar

Orang pintar

Tuntaskan membaca sebuah informasi atau konten, cek sumber dan kebenaran dari informasi tersebut. Double check, periksa dua kali. 

Lihat "sasaran" kamu

Lihat "sasaran" kamu

Mungkin tidak semua teman kamu di sosial media dan grup chat perlu mengetahui info yang kamu bagi. Misalnya, demo di Jakarta untuk komunitas ibu-ibu arisan komplek perumahan di Pematang Siantar. Ada media massa yang akan menyampaikan perkembangan dari ibukota ke masyarakat Indonesia. 

Konten 17+ dan gambar kekerasan ?

Konten 17+ dan gambar kekerasan ?

Jika informasi atau konten yang hendak kamu bagikan mengandung unsur kekerasan, baik gambar maupun video. Lupakan! Juga tidak apik berbagi meme dengan gambar porno ke komunitas yang "berpendidikan". 

Kenali komunitas dan teman kamu

Kenali komunitas dan teman kamu

Contohnya, kamu membagikan resep masakan ke grup "Backpacker Indonesia".. nah, ini kan namanya OOT. Mending share info promo penerbangan atau guest house murah. 

"Perang centong" ala sosial media

"Perang centong" ala sosial media

Kerap kali sebuah informasi atau konten yang dibagikan di sosial media bisa jadi bahan pertikaian. Kontennya mungkin dianggap provokasi bagi sebagian orang. Yang tadinya silent reader, mendadak ba bi bu ba bi bu. Apalagi yang super kepo bin BaPer... makin kompor. 

Modus perampokan bukan kabar baik

Modus perampokan bukan kabar baik

Banyak sekali beredar berbagai modus perampokan dengan lokasi dan korban anonim. Informasi tentang siapa dan dimana begitu sedikit, namun modusnya dijabarkan dengan detail. Kadang kita ragu, apa ini benar atau cuma karangan. 

Bagaimana kalau, jika sudah ada yang menyebarkan kabar tersebut, simpan untuk sendiri saja. Toh nanti ada anggota grup lain atau grup sebelah yang berbagi juga. 

Keep calm and TGIF!

Keep calm and TGIF!

informasi konten sosialmedia sharing caring berbagi informasi