Sweet Seventeen Kanda Brothers, Lanjut Terus..

Punya bapak seorang pemusik, gaul dan disiplin, empat personil Kanda Brothers langgeng di tujuh belas tahun pertama bermusik.

Kesuksesan dan kelanggengan band Kanda Brothers berkarya didunia musik tidak lepas dari campur tangan dingin dan hati hangat Bapak Sukanda. Empat putranya, Ricky, Gerry, Aldy dan Dana sedari kecil sudah bermusik karena bapaknya. Pak Sukanda, yang kemudian jadi inspirasi nama band ini, adalah musisi senior yang pernah bermain bersama pianis Abadi Soesman dan menjajal panggung musik TVRI dimasa-masa awal pertelevisian.

Keluarga musisi kompak

Keluarga musisi kompak IG @aldykanda

Tahu anaknya punya bakat musik, Pak Kanda memberi modal alat musik, relasi dan petuah bijak. "Yang bikin kita kompak ya musik. Kalau kita tidak kompak, tidak akan bagus." kata Aldy, anak ketiga, vokalis dan gitaris Kanda. Empat bersaudara ini punya hobi yang berbeda-beda. Namun kalau soal musik, suda satu suara.

Pak Kanda sendiri mengatakan, kunci langgeng bermusik atau lebih luas dalam hidup adalah, "Jangan pakai narkoba, kelarin sekolah jadi sarjana dan hormat sama saudara sendiri." Meski anaknya dibebaskan untuk berkarir didunia musik, namun sekolah harus selesai.

Kanda Brothers mengawali karir dari usia belia. Tahun 1999 mereka sudah manggung di Pasar Festival menjadi homeband disana. Hampir delapan tahun ngepos di Kuningan, tidak terbilang cerita pengalaman seru dan sambutan penontonnya. "Randy Nidji bilang, dulu dia nonton kita tiap minggu di PaFest" kata Aldy. Ada juga penonton yang datang ke Kanda Brothers saat manggung, dan bilang bahwa dia dan istrinya jadian saat nonton Kanda bertahun lalu.

Idola musisi papan atas

Idola musisi papan atas

Ternyata Randy Nidji hanya segelintir dari musisi yang awalnya menonton Kanda Brothers dipanggung. Anak-anak Band Ungu dan Kerispatih pun sempat melihat penampilan empat bersaudara ini. Ditahun 2000an, scene dunia musik masih begitu dinamis dan sangat hangat. Tidak heran, sampai sekarang, sesama anak band masih saling kenal dan saling kagum.

Kanda Brothers pun dapat kesempatan untuk membuat album dan single. Kesempatan ini tidak disia-siakan. Tahun lalu, mereka merilis single Dimanakah, yang berkerjasama dengan Once Mekel. Pelan tetapi pasti, Kanda Brothers menapaki jalan dan cinta mereka terhadap musik. Bapak yang disiplin, anak-anak yang berbakat, selalu ada peluang.

"Bapak bilang, kalian mulainya kekecilan, kesannya sudah berjalan 17 taun lebih, padahal kalian mulai dari umur berapa? Jangan dipikirin lah. perjalanan kalian masih panjang. Masih layak masih jalan terus." tutup Ricky.

kandabrothers musisi indonesia musik dimanakah band hot best