Sweet Memories of AFF 2010: Saat Indonesia Pernah Merasa Bangga

Moment yang penuh kebanggaan, memunculkan idola baru, dan harapan baru.

"Waduh, pengajian komplek aja sampe dibatalin demi nonton final AFF. Luar biasa deh"

Itu cuplikan percakapan menjelang final AFF 2010. Tuan rumah pengajian di salah komplek di Cinere sampai harus memberi tahu lewat SMS dan Whatsapp group bahwa karena final AFF 2010, pengajian dibatalkan (daripada gak ada yang dateng hayooo..).

Jangankan pengajian, seorang teman bercerita tetangganya mengadakan acara tahlilan lebih awal, dengan alasan"biar sebelum magrib bisa kelar jadi orang-orang bisa cepet pulang nonton bola". OMG!

Ajang AFF 2010 yang diadakan di Malaysia dan Indonesia memang punya cerita tersendiri. Di saat itu, rakyat Indonesia benar-benar jadi antusias banget sama yang namanya sepak bola. Semua merasa satu bangsa, satu bahasa, dan satu negara: INDONESIA. Apapun suku, agama, dan profesinya. Bahkan selebriti yang awam sama sepak bola, jadi ikut-ikutan ngamatin.

Jurnalis infotainment bahkan berbondong-bondong ke Gelora Bung Karno (GBK), sampe seorang wartawan majalah olah raga kebingungan"Ampun deh, wartawan olah raganya ngacir, kebanyakan wartawan infotainmentnya".

Ini dia yang bikin infotainment juga betah nongkrongin senayan

Ini dia yang bikin infotainment juga betah  nongkrongin senayan detikhot

Bagaimana ya, pesona bintang muda yang satu ini lagi terang benderangnya. Ganteng blasteran, memilih Indonesia, namun langsung punya gandengan.

Irfan dan Jennifer Bachdim adalah paketan magnet dan pemandangan Indah dari seberang lapangan.

Masih ingat gol yang satu ini?

Bahkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani sampe excited banget.

Atau ini? Gol Irfan Bachdim yang membuat namanya tenar dan jadi incaran awak media

Gak ada yang bisa melupakan gol pemain keturunan Belanda ini. Saat ini pemain bernama lengkap Irfan Haarys Bachdim bermain di klub kasta kedua Liga Jepang Consodale Sapporo. Sang istri, Jennifer Bachdim, juga tenar lho sebagai beauty blogger. 

Peluang Timnas di AFF 2016

Kejuaraan AFF 2016 untuk tim nasional senior akan diadakan di Myanmar dan Filipina pada 19 November hingga 17 Desember mendatang. Sementara untuk U-19 akan diadakan di Hanoi, Vietnam pada 11-24 September. 

Skuad besutan Alfred Riedl ini berada di grup A yang dijuluki sebagai grup"neraka". Emang siapa aja yang gabung di grup itu? Ada langganan juara AFF Singapura, tuan rumah Filipina, dan kekuatan Asia Tenggara, Thailand.

Banyak yang pesimis dengan peluang  Indonesia di ajang regional ini.Lolos sebagai runner-up grup aja sudah bagus bingitz. Nggak salah juga, karena Indonesia sempat absen dari beberapa laga internasional akibat sanksi FIFA menyusul intervensi pemerintah terhadap PSSI pada 30 Mei 2015. Sanksi dicabut pada Mei tahun ini. 

Sebagai langkah persiapan, PSSI merencanakan timnas senior Indonesia akan mengadakan laga uji coba melawan Malaysia pada 6 September. Selain itu, PSSI tengah melobi Vietnam untuk menjadi lawan uji coba berikutnya.

Siapa saja ya yang masuk skuad timnas untuk ajang dua tahunan ini? Sejumlah nama lama masih diandalkan. Pemain veteran asal Papua Boas Salossa is back again, diduetkan dengan Irfan Bachdim atau Samsul Arif di lini depan.Namun sejumlah pemain muda diperkirakan bisa masuk seleksi, seperti Septian David Maulana, Teja Paku Alam, Shahar Ginanjar dan lain-lain.

Perkiraan skuad timnas senior Indonesia untuk AFF 2016

Skema 4-4-2: Teja Paku Alam; Yanto Basna, Hamka Hamzah, Achmad Jufriaynto, Ricky Fajrin; Raphael Maitimo, Evan Dimas, Irsyad Maulana, Andik Vermansah; Boas Solossa, Irfan Bachdim.

Cadangan: Andritany Ardhyasa; Abduh Lestaluhu, Putu Gede, Ryuji Utomo, Andik Rendika Rama, Hendro Siswanto, Bayu Gatra, Yohanes Ferinando Pahabol, Ambrizal Umanailo, Samsul Arif, Muchlis Hadi Ning.

Tapi sekali lagi, bola itu bundar. Dalam 90 menit, anything can happen, right? Yuk kita rame-rame dukung agar timnas Garuda bisa menunjukkan yang terbaik.



pusatbatu.com

AFF Cristian Gonzales Irfan Bachdim Alfred Riedl GBK bachdim