Stop Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat beracun, ginjal juga memiliki banyak sekali fungsi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

http://www.caramengobatipenyakitginjal.stockistherbal.com/

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat beracun, ginjal juga memiliki banyak sekali fungsi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Karena fungsinya yang sangat penting itu, menjaga dan melindungi kesehatan ginjal menjadi sebuah keharusan.  Karena itu, pola hidup sehat menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan. 

Di samping itu, kebiasaan sehari-hari juga bisa menjadi penyebab rusaknya organ ginjal. Berikut kebiasaan buruk yang harus anda hindari agar tak menyebabkan kerusakan ginjal. 

1. Minuman minuman bersoda

Minuman bersoda ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan ginjal. Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian yang telah dilakukan pada 12.000 karyawan yang bekerja di Universitas Osaka di Jepang. Menurut data yang ditemukan, minum minuman bersoda dua gelas atau lebih dalam sehari dapat meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit ginjal. Pernyataan ini didukung oleh fakta ditemukannya kandungan protein yang tinggi dalam urin karyawan yang memiliki kebiasaan mengkomsumsi minuman bersoda setiap harinya. Adanya kandungan protein yang tinggi tersebut dianggap sebagai gejala awal terjadinya kerusakan pada ginjal, sebab hal ini telah menunjukan bahwa ginjal tak mampu lagi menyerap mineral dan nutrisi secara maksimal.

2. Menahan kencing dalam waktu  lama

Tahukah anda bahwa menahan-nahan atau menunda-nunda untuk buang air kecil ternyata memiliki dampak yang sangat serius pada kesehatan ginjal. Ketika tiba-tiba muncul keinginan untuk buang air kecil, itu artinya bahwa kantung kemih telah penuh. Dan jika kita menahan-nahan untuk mengeluarkannya, maka hal ini akan membuat tekanan pada ginjal yang menyebabkan inkontinensia dan gagal ginjal.

3. Kurang minum air

Kurang minum air, terutama air putih dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Karena ginjal memang sangat membutuhkan air dalam menjalankan fungsinya. Jika anda kekurangan air, maka racun dalam darah akan mulai terakumulasi karena kurangnya cairan dalam darah yang menghantarkan racun-racun tersebut melalui ginjal.

Lalu, seberapa banyak kita harus minum air setiap harinya?

National Kidney Foundation, merekomendasikan untuk meminum air sebanyak 10 hingga 12 gelas setiap harinya, anda juga dapat menyesuaikannya dengan aktivitas yang anda jalani. 

Salah satu gejala yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anda kurang meminum air adalah dengan melihat warna urin. Jika urin anda berwarna gelap, maka itu menunjukan bahwa anda kurang mengkonsumsi air putih.

4. Sering Begadang

Terlalu sering begadang sangat  tidak baik bagi kesehatan pada umumnya, termasuk ginjal. Menurut Science Daily, gangguan kronis dalam tidur dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Menurut paparan Dr. Michael Sole, seorang ahli jantung dan Profesor Kedokteran dan Fisiologi di Universitas Toronto, mengatakan bahwa jaringan ginjal dapat diperpanjang selama malam (lebih tepatnya saat kita tertidur). Sehingga apabila anda terlalu sering begadang atau tidak tidur, maka kerusakan konstan dapat terjadi pada ginjal, bahkan bisa saja terjadi kerusakan langsung. 

Nah mulai sekarang hindari kebiasaan yang dapat merusak ginjal anda. Kesehatan Ginjal maupun organ dalam lainnya sangat penting untuk anda perhatikan. Ingat kesehatan anda di masa tua tergantung gaya hidup sehat anda di masa muda. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita kesehatan hidup sehat