Simple, Cara Membuat Steak Daging Ala Resto

Cara Membuat Steak - Steak adalah salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun steak yang banyak dijual di kafe atau restoran, terkadang kualitasnya tidak sesuai dengan kualitas

Cara Membuat Steak - Steak adalah salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun steak yang banyak dijual di kafe atau restoran, terkadang kualitasnya tidak sesuai dengan kualitas steak yang Anda harapkan. Bagi Anda yang sangat menggemari steak daging pasti lebih bisa merasakan mana steak yang berkualitas dan mana steak yang tidak berkualitas. Sehingga Anda pun lebih memilih untuk mempelajari cara membuat steak daging sendiri untuk mendapatkan steak daging yang diinginkan.

Sebelum membuat steak daging, Anda bisa memilih jenis daging yang Anda sukai, misalnya sirloin atau daging bagian paha belakang atau bagian luar punggung yang memiliki sedikit lemak, tenderloin atau bagian dalam punggung yang tidak berlemak dan berotot, rib eye atau daging bagian dalam punggung yang terdapat lemak di bagian tengahnya, t-bone atau daging bagian dalam punggung sampai kebawah sekaligus tulangnya, dan filet mignon yang berasal dari bagian tenderloin yang paling lembut. Setelah memilih jenis daging yang disukai, selanjutnya Anda bisa memulai cara membuat steak daging. 

Cara membuat steak daging yang pertama yaitu menyiapkan bahan yang diperlukan untuk membuat steak daging yaitu 250 gram daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil, 1 sdt merica putih bubuk, 2 butir telur yang dikocok, 2 sdm tepung terigu, 1 sdt garam halus, 2 sdm mentega, 1 sdm merica hitam bubuk, 1 buah bawang bombay yang sudah dicincang, 1 sdt pala bubuk, 2 sdm saus tomat, 1 sdm kecap manis, dan 100 ml air. Sementara itu, siapkan pula bahan pelengkap yang terdiri dari wortel, brokoli, dan jagung yang telah direbus atau dikukus matang, serta kentang yang telah digoreng. Setelah semua bahan telah disiapkan. Anda pun bisa langsung mulai membuat steak daging.


Baca Juga : 4 Tips Jitu Cara Membuat Steak Daging dan Saus Steak


Langkah cara membuat steak daging yaitu:

Blender daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil hingga halus. 

Setelah daging halus, campur daging dengan tepung terigu, telur yang telah dikocok, garam dan merica. Aduk campuran tersebut hingga merata dan memiliki tekstur yang cukup padat lalu bentuk menjadi bundar dan pipih.

Panggang campuran daging yang telah dibentuk bundar lalu panggang di atas teflon yang telah diberi mentega. Bolak balik daging steak yang dipanggang hingga matang merata.

Untuk membuat saus, tumis bawang bombay dan mentega hingga harum. Lalu masukkan kecap manis, saus tomat, garam, merica bubuk, dan air. Kemudian masukkan tepung terigu sambil diaduk-aduk hingga saus terlihat lebih mengental. 

Sajikan steak di piring ceper dengan dilengkapi wortel, buncis, dan jagung yang telah dikukus atau direbus, serta kentang yang telah digoreng. Kemudian siramkan saus steak di bagian atas daging steak. Itulah cara membuat steak yang mudah dan simple, silahkan dicoba. 

kuliner resep masakan steak