Siap Berangkat Liburan ? Perhatikan Hal-Hal Ini ya!

Kemanapun tujuan liburan akhir tahun kamu, jangan lupa untuk selalu melakukan riset dan juga berhati-hati selama dalam perjalanan.

Untuk yang punya rencana naik gunung di musim liburan ini.. satu hal, jadilah pendaki yang cinta alam.  Bawa pulang kenangan indah dan juga sampahmu.

Terkhusus bagi calon pendaki Gunung Rinjani, pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memberlakukan sampah berbayar.

Sampah berbayar ini mewLink textajibkan siapa pun yang akan mendaki Gunung Rinjani harus membayar uang jaminan sebesar Rp 500 ribu. Uang tersebut bisa diambil kembali setelah turun, dengan catatan membawa sampah.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Mohammad Faozal menjelaskan mekanisme sampah berbayar ini dimulai ketika pendaki mendaftar ke pihak TNGR. Calon pendaki akan diminta mencatat semua barang bawaan, termasuk produk yang akan menjadi sampah.

Jaminan sebesar Rp 500 ribu dihitung berdasarkan bobot sampah. Pihak TNGR memperkirakan, 1 kg sampah nilainya Rp 100 ribu dan setiap pendaki rata-rata bisa membawa turun 5 kg sampah.

mountain-forecast.com

Berencana untuk liburan ke Jepang ? Yuk.. bagaimana kalau kamu pergunakan fasilitas yang bisa mempermudah perjalanan seperti membeli paket tiket kereta atau wi fi berlangganan.

Salah satu transportasi paling hemat untuk berwisata di Jepang adalah dengan menggunakan kereta api. Seperti Tokyo Rail Days sebagai brand perjalanan wisata memperkenalkan tempat wisata dengan kereta api kepada wisatawan Indonesia mulai dari Tokyo menuju seluruh kota-kota di wilayah Kanto.

Kamu tidak perlu repot mengantri beli tiket kereta, tinggal tentukan tujuan, tap dan cuss.

Liburan tenang dan senang ? tentu itu keinginan semua orang. Namun dengan tingginya kepadatan saat liburan, pasti ada tangan-tangan jahil yang hendak mengambil keuntungan.

Waspada copet kak !

Kebanyakan pencopet saat ini justru berbusana rapi dan tampak seperti wisatawan pada umumnya. Liburan memang saat untuk bersantai, namun jangan lupa untuk selalu waspada ya.

Setiap tempat wisata yang "instagramable" sudah pasti akan jadi incaran dan bakal penuh sesak dengan pengunjung. Pintar-pintarlah memilih waktu berkunjung, biar tidak terlalu ramai.

Lagipula, jika spot foto paling keren sudah terlalu mainstream, coba lihat ke sekeliling, mungkin ada spot lain yang belum terjamah dan kamu adalah yang pertama.

Liburan akhir tahun jepang Rinjani Copet