Setelah Vonis 20 Tahun Jessica, Lalu ?

Jessica Kumala Wongso divonis bersalah dalam kasus pembunuhan, temannya sendiri Wayan Mirna Salihin, dan dihukum 20 tahun penjara. Tidak terima, Jessica naik banding.

Kasus ini masih akan terus bergulir dan jadi tontonan ala sinetron drama di televisi-televisi haus rating. Media massa dengan gegap gempita masih akan terus mengikuti perkembangan kasus ini, sampai titik darah penghabisan. Lalu, penonton atau masyarakat dapat apa? dapat tontonan gratis yang menguras emosi ? Mari berpikir cerdas.

Jawa Pos

"Terdakwa terbukti melakukan pembunuhan berencana yang menghilangkan nyawa orang," ungkap Ketua Majelis Hakim, Kisworo, seperti dilaporkan wartawan BBC, Rafki Hidayat, dari ruang sidang.

Namun Jessica dan pengacaranya Otto Hasibuan mengajukan banding. "Terus terang kami kecewa karena majelis hakim bertindak seperti jaksa, tidak mementingkan barang bukti. Secara tegas kami nyatakan banding," kata Otto di ruang sidang.

Jessica bersikukuh tidak bersalah, sementara hakim merasa sudah mendapatkan bukti yang cukup untuk menyeret dia ke sel penjara.

Okezone.com

Masyarakat bisa jadi ikutan BaPer karena pemberitaan media yang gegap gempita, dipenuhi dengan opini kiri dan kanan. Ada yang pro Jessica, ada yang mantap bahwa dia adalah pembunuh Mirna.

Sementara itu, pihak keluarga Mirna siap untuk ikut menjalani proses hukum yang masih berjalan. Jika Jessica minta banding, silahkan, kata ayahanda Mirna. "Soal banding mau ke mana. Dikasih 20 tahun paling rendah ikutin saja. Istilahnya enggak tahu terima kasih pada hakim yang baik ini. Kalau dia naik banding malah bisa diabaikan. Coba saja dia naik banding, panjang lagi urusannya," kata Edi Salihin.

Semoga, keadilan ditegakkan, media bijak memainkan perannya, dan masyakat bisa santai menanggapi perkembangan kasus ini. Kita juga belajar untuk makin mawas diri dan berhati-hati dalam bersikap.

jessicakumala sianida wayanmirna vonis pengadilan televisi drama