Seberapa Bahaya Virus Wanna Cry ?

Di bulan Mei ini dunia dihebohkan dengan serangan cyber 'ransomware' atau dikenal dengan nama 'Wanna Cry'. Virus yang tergolong teroris siber dan sudah serang 130ribu komputer di 70 negara ini tidak hanya merusak komputer tetapi juga meminta tebusan. Samp

Foto: Daily Telegraph

Dilansir dari Tekno Liputan6.com, virus Wanna Cry adalah sebuah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file. File tersebut, yakni intruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor—nama lain dari virus Wanna Cry.

Jika ingin data-data yang ada didalam komputer selamat, si pembuat virus Wanna Cry meminta para korban untuk mengirimkan sejumlah uang.

Menurut survei dari Symantec sejak 2015, serangan ransomware sudah mencapai 20 ribu sampai 40 ribu serangan perbulan. Pada triwulan I 2016, jumlah tagihan ransomware sudah mencapai USD 206 juta.

Di Indonesia, berdasarkan laporan yang diterima oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, virus ini menyerang sistem komputer Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Pencegahan

Untuk mengantisipasi serangan virus Wanna Cry, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) merilis tips pencegahan infeksi ransomware tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Putuskan koneksi jaringan internet dengan mencabut kabel LAN dan atau matikan koneksi WiFi.

2. Matikan Macros dan SMB Service, lalu aktifkan Firewall Block Port 139, 445, 3389.

3. Download Tools dan Security Patch secara manual dari komputer lain, simpan di USB flashdrive.

4. Install Tools dan Security Patch yang sudah diunduh ke komputer target (korban).

5. Jalankan full scan menggunakan antivirus dengan fitur Total Security yang update.

6. Lakukan backup data penting ke media penyimpanan lain yang aman dan bersih (tidak terinfeksi).

7. Apabila ada kesulitan dan membutuhkan bantuan dan langkah teknis detail, silakan hubungi nomor telepon 021 31925551, 021 31935556 (nomor ID-SIRTII).

Perlu diketahui bahwa virus Wanna Cry hanya menyerang komputer yang menjalankan Microsoft Windows versi 2010 ke bawah dan sebelumnya.

wannacry virus wanna cry teror cyber