Ritual Pagi ini, Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda, bahwa bahwa ritual dan kebiasaan yang kita lakukan di pagi hari akan berdampak besar terhadap kesehatan. Bahkan bonusnya, berat badan Anda akan ideal.

Apa saja ritual pagi itu? Coba simak hal berikut.

Berjemur dibawah matahari pagi
Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D, yang sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin D penting untuk kestabilan emosi, organ tubuh, dan energi.

Berjemurlah selama 20-30 menit di bawah matahari pagi. Cahaya matahari pagi juga mengandung blue light (cahaya biru) yang dapat menormalkan kembali ritme tubuh. Jika ritme tubuh Anda normal, tidur akan lebih nyenyak, dan tubuh berenergi sepanjang hari. Akibatnya metabolisme akan lebih lancar.

Sarapan kaya protein
Biasakan sarapan dengan jenis makanan yang lebih sehat. Konsumsilah sarapan yang kaya protein. Protein penting untuk menguatkan otot-otot tubuh. Sarapan juga penting untuk asupan energi ke otak sehingga Anda bisa berpikir lebih fresh. Dengan sarapan yang bergizi, Anda akan merasa kenyang lebih lama danmakan siang dengan porsi yang lebih kecil. Hal ini membantu mencegah kenaikanberat badan.

Kunyah sarapan secara perlahan-lahan
Kunyah sarapan Anda secara pelan-pelan. Usahakan kunyah makanan hingga lembut. Dengan mengunyah lebih lama, kalori akan terbakar 5 persen lebih banyak dari biasanya. Sarapan juga akan memberi manfaat optimal jika dinikmati dan dikunyah lebih lama.

Mandi air dingin
Awali pagi hari dengan mandi air dingin. Air dingin yang mengguyur tubuh Anda lebih menyegarkan ketimbang air hangat. Bukan hanya menyegarkan, air dingin juga membantu membakar kalori dalam tubuh. Organ-organ dalam tubuh pun akan berfungsi maksimal.

Mungkin ritualini terkesan biasa saja. Namun jika dilakukan dengan rutin dan benar, akan membantu menurunkan berat badan hingga ke  berat ideal. [Tri]

astaga wanita ritual pagi tips sehat