Perlukah Kartu Jomblo Untuk Warga Jakarta ?

Dalam rangka menjalankan tugas pemimpin untuk mengayomi warganya, pasangan Gubernur & Wakil Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mencetuskan program yang unik dan membuat orang terheran-heran.

Kartu Jakarta Jomblo (KJJ) inilah yang membuat orang terheran-heran. Program ini dibuat sebagai ajang silaturahmi bagi warga Jakarta yang belum memiliki pasangan alias jomblo sebagaimana dilansir Kompas ini. Jelas niatnya baik, supaya warganya tidak ada yang kesepian dan bisa cepat menikah.

Respon warga Jakarta

Respon warga Jakarta Foto : hipwee

Setelah beredar rencana KJJ, masyarakat ramai membicarakan program tersebut. Mereka heran haruskah seorang pemimpin sampai harus pusing-pusing mengurusi urusan warganya yang sudah masuk ranah privasi terutama untuk warga Jakarta, seolah-olah Indonesia hanya Jakarta saja.

"Waktu itu sebagai cagub dan cawagub DKI tentunya kala itu ada terobosan dan itu nanti yang akan kami pikirkan apakah ranah pemerintah bisa memberikan solusi terkait hal itu. Karena memang aspirasinya seperti itu," ujar Sandiaga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (7/5/2017). 

Sandiaga khawatir populasi di kota-kota besar menjadi berkurang karena mereka terlalu sibuk dengan kegiatannya. Sehingga terkadang lupa untuk menikah, salah satu negara yang dilihatnya adalah Singapura.

Program ini katanya merupakan turunan dari program kewirausahan One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship (OK-OCE) dan program rumah DP 0 Rupiah.

"Salah satu yang menjadi kekhawatiran dari kota-kota besar bukan hanya di Asia tapi juga di seluruh dunia itu adalah jumlah populasi yang menurun karena banyak kesibukan. Saya melihat ini ada di Singapura," jelas Sandiaga. 

Dia menyadari bahwa sebagian kalangan menganggap ini merupakan ranah privasi seseorang. Namun hal tersebut nanti akan didiskusikan kembali. 

Program sejenis di Negara lain

Sebenarnya program sejenis sudah dijalankan di beberapa negara maju. 

1. Swedia dibuatkan rumah singgah bersama untuk mengubah perilaku individual mereka yang semakin parah

2. Jepang bahkan sampai dibuatkan acara kencan, dibiayai serta diringankan pajaknya, bagi mereka yang sukses menikah

3. Pemerintah Singapura sering bikin acara sosial sebagai tempat bertemu para jomblo. Bahkan ada program nonton film romantis

4. India justru ada program subsidi khusus buat cewek jomblo

source : hipwee

Program usulan lainnya

Situs malesbanget.com justru memberikan program kartu usulan lainnya yang masih berhubungan dengan program Kartu Jakarta Jomblo

Kartu Jakarta LDR

Kartu Jakarta LDR instagram/malesbanget

Kartu Jakarta Move On

Kartu Jakarta Move On instagram/malesbanget

Kartu Jakarta Lembur

Kartu Jakarta Lembur instagram/malesbanget

Kartu Jakarta PDKT

Kartu Jakarta PDKT instagram/malesbanget

Kartu Jakarta Anak Satu

Kartu Jakarta Anak Satu instagram/malesbanget

Survei Warga Jakarta

Survei Warga Jakarta twitter

Untuk mencaritau respon masyarakat Jakarta, salah satu radio melakukan survei dengan hasil seperti diatas.

KJJ Kartu Jakarta Jomblo DKI Jakarta