Pengen Punya Hewan Peliharaan ? Yuk Adopsi!

Memang tidak banyak pilihan adopsi anjing ras yang “social media-able”, namun besar pahalamu di dunia.

Pengen Punya Hewan Peliharaan ? Yuk Adopsi!

Alkisah ada seorang kenalan membeli anjing yang katanya ras Pomenerian. Jauh-jauh anjing kecil tersebut dikirim dari Surabaya menuju Jakarta. Sesampainya di Jakarta, kok ada yang salah.. kok tidak seperti Pom pada umumnya? Kok moncongnya hitam ? Beruntung meski kecele, namun dia tetap menerima anjing tersebut dan tetap sayang. Si Gendut, namanya, dirawat dengan penuh kasih sayang.

Cerita tentang membeli hewan di toko, breeder atau bahkan Taman Latuharhari, Jakarta, sudah banyak. Ada kisah sukses, senang, dan tidak sedikit yang berakhir di pembuangan. Karena satu dan lain hal, hewan tersebut dibuang di jalan.

Nasib anjing terlantar berada diujung tanduk. Rumah yang nyaman berganti jalanan yang kotor, bising, dan anak-anak yang mungkin saja melempari mereka. Namanya anjing jalanan, mau anjing kampung atau ras, nasibnya tidak baik. Maka sekarang ini banyak organisasi  nirlaba yang turun ke jalan dan menyelamatkan mereka.

Dari merekalah kalian bisa mengadopsi hewa peliharaan, seperti anjing dan kucing. Mereka mungkin tidak rupawan, tidak menarik lagi, namun besar cinta yang akan diberikan mereka untuk kalian.

JAAN Indonesia

JAAN Indonesia

Supporternya adalah sejumlah selebritis ternama. Namun mereka bukan cuma sekedar jualan tampang. Mereka aktif mengkampanyekan berbagai isu yang menyangkut kesejahteraan hewan. Misalnya “Dog Are Not Food” atau “Stop Pertunjukan Lumba-Lumba”. JAAN juga menyelamatkan hewan terlantar dan membuka adopsi untuk yang berkompeten.

Animal Defender

Animal Defender

Mas Doni Hendaru dan team adalah fighter alias pejuang yang gigih dan penuh semangat. Dia aktif menyelamatkan anjing terlantar dan merawat mereka di beberapa shelter. Mereka membuka kesempatan adopsi dengan syarat yang cukup ketat. Intinya, agar baik untuk calon pemilik dan anjingnya.

Nah untuk yang mau berkontribusi sebagai volunteer, terbuka juga kesempatannya

Maria Stray Home

Maria Stray Home

Mak Maria punya shelter yang jadi rumah bagi puluhan anjing. Relawan pun sering datang untuk bantu bersih-bersih atau membawakan sumbangan. Mak akan sangat senang dengan bantuan tersebut. Khususnya jika ada hewan yang diadopsi keluarga baik.

Mak Maria juga gencar membagikan info dan edukasi tentang kesejahteraan hewan lewat sosial media. Jaringan yang luas bikin masyarakat lebih peduli.

Let's Adopt

Let's Adopt

Ini adalah sebuah inisiasi global yang hadir di Indonesia. Team Let’s Adopt membuka peluang donasi dan adopsi sampai ke luar negeri. Tidak heran banyak anjing Indonesia yang sudah dibawa ke luar untuk pengobatan kemudian diadopsi warga disana.

Seperti kisah mengharukan si Patrick ini.  Bikin mata berkaca-kaca namun lega.

Untuk teman-teman Astaga! yang punya info organisasi nirlaba yang peduli akan kesejahteraan hewan, boleh ya share ke kita.

Satu lagi.. yang mau bawa hewan peliharaannya vaksin, mulai dari vaksin rabies gratis dan vaksin lainnya harga subsidi.. cekidot!