Para pengusaha-pengusaha di bulan Ramadhan

Pada bulan puasa ini biasanya muncul beberapa pengusaha yg jarang kita lihat pada bulan bulan biasanya, seperti

1. Penjual bunga di kuburan

1. Penjual bunga di kuburan

  1. Pada bulan bulan biasa kuburan itu sepi tapi jika bulan ramadhan kuburan di depan kuburan banyak penjual bunga, ini penjual bunag datang dari mana dan mengapa hanya saat bulan puasa saja penjual bunga ada. Ada satu trik penjual bunga yg jangan diikuti, para penjual bunga biasanya membawa anak, ketika ada orang yg membeli bunga anak itu disuruh oleh orang tuanya untuk mengikuti orang yg membeli bunga ibunya dan mengambil lagi bunga yg di taburkan dikuburan untuk kemudian di jual lagi ( nb : bunga bukan nama orang ).

2. Tukang bersihin kuburan

2. Tukang bersihin kuburan

kuburan menjadi tempat paling ramai dan terlengkap saat bulan puasa karena isinya ada orang sudah mati, ada orang yg belum mati, dan ada orang yang belum tau mati. Ketika masuk kuburan seorang anak yg membawa sapulidi dan kain basah dengan hidungnya yg kanan ada ingusnya pake sendal jepit dan baju kebesaran sampe kerahnya melebar ke pundak bertanya “ kuburannya mau di bersihni om?” saya jawab “ hush saya aja belum mati, kok bersihin kuburan saya”.

3. Penjual Kue Lebaran

3. Penjual Kue Lebaran

Lebaran masih lama, tapi yang jualan kue lebaran sudah banyak, biasanya sang penjual berwujud ibu ibu rumah tangga mencari penghasilan tambahan untuk keperluan lebaran dan memanfaatkan bakat memasaknya, kemaren saya di tawari tetangga saya “ mas, mau beli kue lebaran dari saya?”, saya tanya balik  “ enak ga tante?”,  dia jawab lagi “ enak dong, kata ibu ibu kampung sini pas lebaran tahun lalu yg beli kue dari saya katanya enak”, saya tanya lagi “boleh di coba ga ?”, ibu itu jawab boleh  “ boleh, ini coba!”  ibu itu ngasih kuenya dan setelah saya makan ternyata rasanya ga enak “ apa? Ga enak gini bu kuenya”, ibu itu kaget dan bilang “ gak mungkin mas, kan itu kue buatan tahun kemaren mas

4. Maling, rampok, dkk

4. Maling, rampok, dkk

Ini juga masuk sebagai profesi,  di bulan puasa tindak kriminal pencurian biasanay lebih banyak dari pada bulan biasa mengingat pada bulan ini banyak dibutuhkan dana untuk persiapan lebaran. Jadi untuk tingkat pengamanan harus ditingkatkan kewaspadaannya.